Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker

Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker

WikiKomponen.comCara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker. Memasang dan mengganti spool yang rusak bahkan melilit coil speaker tidak harus dilakukan oleh pabrik produsen speaker. Kerusakan yang satu ini juga dapat dilakukan sendiri terutama jika kita mengalami kesulitan mendapatkan unit atau spareparts yang sama untuk mengganti speaker kita yang rusak. Namun pekerjaan ini memerlukan pengetahuan dan ketelitian saat memperbaikinya.

Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker
Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker

Dengan mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengganti atau menggulung sendiri spool speaker, maka hasil perbaikan akan maksimal dan baik.

Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker

Coil atau spool speaker merupakan bagian komponen speaker yang paling sering mengalami kerusakan akibat hangus atau putus. Namun spareparts tersebut terkadang sangat sulit untuk ditemukan karena terlalu banyaknya ukuran dan merek yang menggunakan ukuran yang tidak standar.

Ads Metta3

Akibatnya spool yang telah dibeli seringkali tidak pas untuk dipasang pada celah magnet yang sangat presisi. Namun hal ini tidak perlu membuat pesimis. Ada cara yang dapat dilakukan yaitu menggulung sendiri spool tersebut, sehingga tepat untuk menggantikan kerusakan tersebut.

Bahan Untuk Menggulung Spul Atau Spool Speaker

Sebelum memulai menggulung spool speaker, hal yang perlu dipersiapkan adalah bahan dan peralatan untuk membuat atau menggulung spool speaker tersebut. Bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • Kawat Email
  • KokerĀ  Spool Dari Bahan Mika, Ebonit Atau Aluminium
  • Lem Besi Dan Lem Kuning
  • Mesin Gulung Tangan Atau Manual
  • Pegangan Koker Yang Sesuai Ukuran Koker ( Biasanya dibikin dari kayu atau paralon )
  • Jangka Sorong Atau Minimal Penggaris.

Langkah Dan Cara Menggulung Spool Speaker

  • Untuk menggulung spool speaker, hal pertama yang dilakukan adalah menggunting atau membuat koker aluminium terlebih dahulu.
  • Pasanglah koker pada paralon yang telah disesuaikan dengan besarnya lubang koker, sehingga bisa memegang koker saat menggulung nantinya.
  • Aduk campuran lem besi hingga tercampur rata, lalu oleskan lem besi tersebut secara merata pada permukaan koker.
  • Pertimbangkan ketebalan olesan lem tersebut. Jangan terlalu tebal.
  • Mulailah menggulung kawat email dengan jumlah gulungan sesuai contoh aslinya.
  • Jumlah gulungan dapat dilihat pada jarum penunjuk atau angka yang tertera pada mesin sesuai dengan jenis mesin yang dipergunakan.
  • Keringkan spool yang telah selesai digulung dibawah matahari atau menggunakan hair dryer.
  • Lepas koker yang telah selesai digulung.
  • Tutupi ujung kawat di atas lilitan dengan menggunakan kertas tipis agar tidak mengganggu gerakan spool pada magnet speaker.
  • Spool siap dipasang kembali ke speaker.

Cara menggulung spul dan memperbaiki kerusakan speaker harus memastikan terlebih dahulu ukuran diameter spool yang akan diganti. Ukuran yang tidak sama akan membuat hasil gulungan tidak muat pada celah magnet speaker yang akan diperbaiki.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

6 thoughts on “Cara Menggulung Spul Dan Memperbaiki Kerusakan Speaker

  1. Kawat spull putus di bagian daun trus kuningannya di tarik biar panjang lagi….apakah masih bisa di pakai spulnya

    1. prinsipnya bisa tetapi ohmnya berkurang dan biasanya kekuatan tendangan berkurang.

  2. Maaf bos,saya mau tanya,bagaimana rumusnya untuk menentukan banyaknya atau besarnya kawat untuk mencapai nilai impedansi pada speaker yg akan kita perbaiki…terima kasih

    1. ada tabel dan kalkulator yang sudah kami sediakan pada artikel lain. Silakan dipergunakan. Kami juga sudah terbitkan kalkulatornya juga, sehingga tinggal masukkan amper bisa didapat ukuran kawat.

  3. Assalamualaikum we.wb..sebelumnya perkenalkan nama saya Edy pry dengan alamat Pontianak Kalimantan barat.admin yg terhormat,saya memiliki speaker Audax 12 inch yg telah rusak spoolnya.tp saya bingung untk menggulung spoolnya.saya menginginkan suara speaker yg ngebass bersih jernih dan ajiblah pokoknya.nah,yg ingin saya tanyakan..bagaimana atw tehnik yg benar dalam menggulung spool speaker dengan hasil yg baik td.berapa gulungan lah yg harus saya lakukan agar menghasilkan spool yg ajib td.terimakasih atas masukan tuan admin yg baik hati.salaam santun selalu…

    1. Saran saya sebaiknya beli yang sudah digulung. Biasanya ditoko elektronik ada yang jual spool speaker yang sesuai dengan jenisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.