Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengatasi Gangguan Feedback Speaker ke Microphone

WikiKomponen – Mungkin ada yang pernah mengalami masalah feedback pada mic sepanjang acara. Akibatnya acara presentasi, acara ceramah, atau acara bernyanyi menjadi terganggu akibat suara noise yang membuat sakit telinga. Cara mengatasi gangguan Feedback Speaker ke Microphone sebenarnya cukup mudah. Cukup lakukan hal-hal berikut ini, sehingga tidak perlu lagi mencoba berbagai cara yang mungkin tidak akan berhasil.

Cara Mengatasi Gangguan Feedback Speaker ke Microphone

Cara Mengatasi Gangguan Feedback Speaker ke MicrophoneFeedback terjadi karena masuknya suara dari speaker ke microphone, sehingga terjadi amplifikasi suara tersebut oleh amplifer yang diteruskan kembali ke speaker. Selama sumber suara speaker cukup dekat untuk menjangkau mic, maka feedback berpotensi terjadi.

Terdapat 6 cara untuk mengatasi masalah feedback pada mic atau microphone yaitu:

Ads Metta3
  1. Kecilkan Suara Mic. Setelan volume mic yang terlalu besar membuat mic menjadi sangat sensitif, sehingga suara apapun akan masuk ke mic menuju amplifier, termasuk suara dari speaker sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut, tips pertama ini merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatasi feedback.
  2. Mengatur Arah Speaker. Speaker yang diarahkan langsung ke penyanyi merupakan salah satu penyebab utama feedback microphone. Cara ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan suara lengkingan feedback. Setelah posisi speaker agak ke atas, agak ke kiri, agak ke kanan, sehingga potensi suara masuk kembali ke mic akan berkurang.
  3. Pilih Mic Directional. Microphon yang tepat tidak menerima suara dari segala arah, tetapi hanya menerima suara dari sumber utamanya. Hal ini dapat membuat suara teramplikasi dengan sangat baik sebelum mencapai level feedback.
  4. Matikan Mic. Maksudnya microphone yang tidak dipakai sebaiknya dimatikan. Semakin banyak microphone yang hidup, maka akan semakin besar feedback yang terjadi.
  5. Aturlah volume tone control, mixer atau equaliser. Cobalah mengecilkan sedikit demi sedikit gain bass hingga feedback menghilang. Demikian juga coba lakukan hal yang sama pada setelan middle dan treble. Temukan frekuensi yang menjadi penyebab utama feedback. Dengan demikian, frekuensi yang bukan penyebab feedback akan dapat dimaksimalkan.
  6. Peredam Akustik. Cara ini merupakan cara yang paling mahal. Ruangan yang paling ideal untuk audio adalah ruangan yang isolasi suaranya bagus. Dengan dinding yang dirancang untuk audio atau akustik, maka pantual suara secara tidak beraturan akan dikendalikan . Hal ini akan menghilangkan efek feedback.

Ke 6 cara mengatasi gangguan feedback speaker ke Microphone di atas cukup efektif bila dilakukan dengan benar. Mencoba menutupi mic dengan tangan tidak akan mengatasi masalah tersebut. Sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat feedback terus berulang.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *