Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer

Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer

WikiKomponen.com – Bagaimana cara menghitung volume box speaker berdasarkan ukuran woofer yang ideal untuk 4, 5, 6, 8, 10, 12 inch, sehingga tendangan bass tepat dan menghasilkan suara yang diharapkan? Ukuran berapa kah yang baik? Apakah semakin besar semakin baik atau semakin kecil semakin baik ? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, simak pembahasan berikut ini.

Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer

Tujuan Merancang Dan Menghitung Volume Speaker

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan saat membuat box speaker. Hal-hal tersebut antara lain, jenis musik, bandpass, ukuran driver, besar power, luas ruangan, dan tata letak. Hal ini mutlak diperlukan mengingat tidak semua ruangan mampu menggunakan speaker yang sama karena keterbatasan luas.

Pada ruangan yang kecil, biasanya kita akan mengorbankan ruang untuk driver tweeter karena komponen tersebut tidak terlalu terpengaruh oleh besarnya ruangan resonansi. Namun, untuk masalah woofer yang diharapkan menghasilkan bass dengan baik, besar volume box speaker mutlak harus diperhitungkan.

Ads Metta3

Karena itulah, cara menentukan ukuran minimal dari box speaker harus diketahui terlebih dahulu sebelum mulai membuat speaker yang berkualitas baik.

Menentukan Ukuran Woofer

Untuk ruangan yang memiliki luas sekitar 3×4 meter, sebaiknya menggunakan woofer antara 4 inch hingga 8 inch. Penggunakan woofer yang lebih besar dapat dikatakan berlebihan dan tidak menjamin suara yang dihasilkan akan lebih baik. Malah akan mengganggu kenyamanan penghuni ruangan tersebut

Namun, untuk kepentingan tertentu seperti home theater, penggunakan woofer atau subwoofer dapat saja menggunakan ukuran sedikit lebih besar. Yang perlu diperhatikan adalah pengaturan frekuensi cut off dari crossover agar diset pada frekuensi yang serendah mungkin, sehingga nyaman di telinga.

Patokan Ukuran Atau Volume Box Speaker

Volume box speaker dapat dihitung dengan menggunakan rumus panjang x lebar x tinggi. Untuk volume box hanya menggunakan 3 komponen tersebut untuk perhitungan. Komposisi antara panjang, lebar, dan tinggi dapat ditentukan sesuai selera asal memenuhi ukuran volume yang diterapkan berikut ini.

Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer
Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer

Tabel yang diberikan berikut ini hanya sebagai patokan umum saja. Warna suara sangat ditentukan oleh selera perancang speaker, sehingga dapat dilakukan perubahan maupun modifikasi untuk mendapatkan karakter suara yang diinginkan. Dalam menghitung volume box speaker berdasarkan ukuran woofer, harus diperhatikan untuk merancang box speaker dalam bentuk kubus. Hal ini dengan pertimbangan untuk menghindari ping pong dalam ruang resonansi yang cenderung terjadi dalam ruangan speaker yang simetris.

Author: Wikikomponen

7 thoughts on “Menghitung Volume Box Speaker Berdasarkan Ukuran Woofer

  1. Pak mohon pertunjuk hitungan untuk membuat box subwoofer yg double speaker subwoofer 10″ yang bagus….dan bagusnya pakai kayu apa dengan ukuran berapa milicentimeter kayunya…sebelumnya terima kasih Pak.

  2. Kalau untuk ukuran speaker 4 inch dengan box 6000cm3 banyak makan ruangan dong gan… Bagai mana solusinya agar box kecil bisa mendapatkan suara yg bagus.. ataukah harus dengan passive radiator..?

    1. Box kecil dengan bas bagus adalah impian semua orang. Sayangnya tidak memungkinkan. Beberapa merk seperti bose mengakalinya dengan mmenggunakan subwoofer terpisah agar terlihat manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.