Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mengetahui Besar Daya Listrik Rumah

WikiKomponen.com Cara Mengetahui Besar Daya Listrik Rumah. Berapa watt listrik di rumah kadang tidak diketahui pemiliknya. Hal ini tidaklah aneh karena banyak yang tidak pernah mengeceknya atau sudah terlanjur lupa karena sudah dipasang sejak lama. Akibatnya, ketika membeli kulkas, rice cooker, blender, strika atau TV, ternyata listrik tidak cukup.

Cara Mengetahui Besar Daya Listrik Rumah

Cara Mengetahui Besar Daya Listrik Rumah

Cara Mengetahui Besar Daya Listrik Rumah

Untuk menghindari terjadinya hal yang disebutkan di atas, sebaiknya sebelum mengetahui terlebih dahalu besarnya daya listrik terpasang sebelum membeli peralatan listrik. Bayangkan kalau harus menambah listrik setelah membeli peralatan listrik baru.

Ads Metta3

Agar tidak terjadi demikian, segeralah cek listrik terpasang di rumah. Terdapat beberapa cara yang paling mudah untuk dilakukan yaitu :

  • Melihat slip tagihan atau bukti pembayaran. Dalam bukti pembayaran, biasanya akan dicantumkan besaran daya yang terpasang di rumah. Setiap tingkat daya memiliki cara perhitungan yang berbeda-beda karena adanya sistem subsidi oleh pemerintah. Cara ini dianggap sebagai cara yang paling mudah. Sehingga saat membeli peralatan listrik, kita dapat dengan mudah menentukan tipe yang mau dibeli.
  • Melihat MCB terpasang. MCB yang terpasang bertujuan untuk melindungi lonjakan arus yang masuk ke sebuah rumah agar tidak menimbulkan bahaya. Setiap rumah memiliki batasan daya yang diatur dengan peralatan ini. Jika menggunakan lebih dari daya yang seharusnya, peralatan ini akan turun. MCB dapat juga dipergunakan untuk menghitung daya terpasang pada rumah.
  • Mengukur daya maksimum dengan tang amper. Cara ini biasanya dipergunakan oleh petugas PLN untuk mengecek pencurian listrik. Jika tang amper menunjukan angka yang lebih tinggi dari daya terpasang, maka dapat dipastikan penggunaan listrik dan daya listrik terpasang melebihi kapasitas. Ini adalah indikasi bagi PLN untuk melakukan pemeriksaan.

Menghitung Daya Terpasang Dengan MCB.

Khusus untuk MCB, satuan yang ditulis adalah dalam ukuran Amper. Untuk menghitung listrik yang terpasang di suatu rumah dari MCB, perlu dikalikan dengan tegangan listrik di rumah yang umumnya 220 Volt.

Contoh 1 : Sebuah rumah memiliki MCB 4 Amper. Ini berarti listrik yang terpasang adalah 4 x 220 = 880 Watt.

Jika sudah memahami cara mengetahui besar daya listrik rumah, maka pergunakan patokan tersebut untuk menghitung-hitung apakah listrik rumah cukup untuk peralatan tersebut. Selalu ingat bahwa selain peralatan yang akan dibeli, rumah sudah memiliki peralatan yang juga berbagi daya tersebut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *