Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer

Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer

WikiKomponen.com Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer. Merancang sendiri box speaker yang berkualitas harus memperhatikan volume boxnya. Walaupun pada dasarnya box semakin besar, akan mampu memberikan bass yang lebih rendah, namun ternyata ukuran yang terlalu besar justru akan menurunkan bass middle, sehingga tendangan bass mid akan menjadi jelek.

Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer

Berapakah ukuran ideal untuk sebuah box speaker agar dapat menghasilkan suara yang pas? Apakah perbadingan antara dimensi panjang, lebar dan tinggi yang baik? Sebelumnya sudah pernah dibahas bahwa box sebaiknya tidak berbentuk kubus. Berikut ini merupakan tabel lengkap volume untuk berbagai ukuran speaker agar menghasilkan ruang resonansi yang tepat.

Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer
Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer

Tabel ukuran speaker VS volume box subwoofer dan woofer di atas diberikan tabel perbandingan antara woofer dan volume box secara lengkap sesuai mulai 4″ hingga 15″. Semoga bermanfaat.

Ads Metta3

Tabel tersebut telah disusun berdasarkan perhitungan, sehingga sangat praktis dipergunakan tanpa menghitung secara rumit melalui berbagai macam rumus. Hasil suara akan sangat ditentukan oleh pengalaman dan selera setiap perancangnya.

Cara Penggunaan Tabel Volume Box Speaker

  • Tentukan terlebih dahulu volume box speaker yang sesuai dengan ukuran driver woofer atau subwoofer yang akan dipergunakan.
  • Rancanglah ukuran panjang dan tinggi sesuai selera.
  • Kalikan ukuran panjang dan tinggi box speaker.
  • Untuk mendapatkan ukuran kedalaman atau ketebalan speaker, bagi lah nilai volume dengan hasil perkalian panjang dan tinggi.
  • Semua ukuran harus dihitung dalam satuan CM

Cara tersebut bukan merupakan keharusan. Dimensi manapun dapat dipergunakan sebagai perhitungan awal pada langkah kedua di atas. Dapat saja merancang panjang dan lebar terlebih dahulu, tinggi dan kedalaman speaker terlebih dahulu ataupun variasi lain sesuai dengan selera. Intinya adalah total volume tidak boleh berada di luar patokan dalam tabel. Selamat mencoba.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

14 thoughts on “Tabel Ukuran Speaker VS Volume Box Subwoofer Dan Woofer

    1. design bisa tiru dari design speaker aktifr yang banyak beredar di pasaran. ukuran itu sudah cukup populer

  1. Saya rencana mau pasang sub woofer Kicker Solobaric 12′ bentuknya kotak / persegi
    apakah bisa pake std ukuran tsb? dan bentuk box ga harus kotak kan??

    1. Untuk volume kotak cukup. Untuk volume yang memiliki sekat total harus dikurangi volume pemisah dalam satu box.

  2. permisi mas, mau nanya. untuk woofer 6″ kan direkomendasikan 10.000 – 14.500 cm3. nah itu bedanya 10.000 dgn 12.000 apa mas? suara yg dihasilkan bagusan yg mana? ukurannya makin minimal atau maksimal yg bagus?
    dan, klo misal woofer 6″ ditambah dgn woofer penghitungannnya gimana ya?
    terima kasih

    1. Beda volume dalam sekian persen tidak terlalu mencolok. Bass yang dihasilkan juga sangat tergantung selera. Pada dasarnya, semakin besar volume semakin baik dengan batas maksimum yang ditentukan. Lakukan dengan perasaan, audio tidak bisa hanya berdasarkan hitungan di atas kertas. Untuk woofer di tambah tweeter tidak masalah. Tweeter tidak memerlukan ruang resonansi. Malah harus diisolasi dari tekanan bass

  3. Rancangan box speaker ada macam macam. Misal sealed, vented, dll.
    Rumus diatas berlaku untuk rancangan yang mana?

    1. Rumus tersebut berlaku untuk jenis apa saja dengan sedikit catatan pada artikel tersebut. Volume speaker berguna sebagai ruang resonansi, sehingga baik jenis sealed maupun vented tidak terlalu banyak berbeda dan masih dapat dipergunakan.

  4. Mau nanyak bang.. kalo buat bok spiker 12 inchi di mobil .. ukuran di atas bisa di gunakan ya..

    1. bisa. namun karena volume mobil sangat terbatas, ukuran ideal tidak bisa dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.