Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

WikiKomponen.comCara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf. Ciri khas rangkaian crossover speaker 6 dB per oktaf adalah terdapat sebuah coil pada woofer dan sebuah kapasitor pada tweeter yang disusun secara seri. Rangkaian crossover jenis ini merupakan rangkaian crossover yang paling sederhana.

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

Untuk membuat sebuah crossover 2 way, sebuah rangkaian harus terdiri dari sebuah rangkaian LPF ( Low Pass Filter ) dan sebuah HPF ( High Pass Filter ).

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

Ads Metta3

Low Pass Filter ( LPF )

Sebuah filter LPF bertujuan untuk meloloskan frekuensi rendah dan menyaring frekuensi tinggi agar tidak masuk ke woofer. Tanpa saringan tersebut, frekuensi tinggi akan masuk ke woofer dan menyebabkan distorsi. Hal ini karena woofer tidak mampu menghasilkan suara frekuensi tinggi dengan sempurna.

Berikut ini merupakan program sederhana untuk menghitung nilai induktor yang diperlukan untuk merancang crossover pada titik potong tertentu.

High Pass Filter ( HPF )

HPF bertujuan untuk meloloskan frekuensi tinggi dan menyaring frekuensi rendah agar tidak masuk ke tweeter. Dengan demikian tweeter tidak rusak karena tendangan bass dari amplifier.

Berikut ini adalah program sederhana untuk menghitung nilai kapasitor yang diperlukan dalam sebuah rangkaian crossover sesuai frekuensi rancangan.

Kedua rancangan filter tersebut harus dirancang dengan frekuensi sesuai dengan kemampuan tweeter. Misalnya tweeter hanya mampu menangani frekuensi di atas 3000 HZ, maka sebaiknya kapasitor yang dipergunakan harus mampu menyaring frekuensi dibawah 3000 Hz.

Pada crossover pasif, saringan tidak bisa bersih dan tuntas. Walaupun kapasitor dirancang untuk memotong suara dengan frekuensi di atas 3000 Hz, tetap akan ada suara dengan frekuensi di bawah 3000 Hz yang akan lolos. Semakin rendah frekuensi suara, semakin kecil suara yang lewat ke tweeter akibat pemasangan kapasitor tersebut.

Cara Pemasangan Kapasitor Dan Induktor Pada Crossover

Dalam crossover 2 way 6 dB per oktaf, pemasangan kapasitor dan induktor dipasang secara seri dengan tweeter dan woofer.

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

Cara Membuat Crossover Pasif 2 Way 6 dB Per Oktaf

Demikian sekilas cara membuat crossover pasif 2 way 6 dB per oktaf dengan menyertakan program otomatis untuk menghitung nilai kapasitor yang dibutuhkan. Semoga membantu.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *