Cara Mengganti Thermofuse atau Thermalfuse

Cara Mengganti Thermofuse atau Thermalfuse - Foto Thermofuse
Cara Mengganti Thermofuse atau Thermalfuse - Foto Thermofuse

WikiKomponen – Rasanya kurang pas kalau menggunakan judul cara mengganti thermofuse atau thermalfuse atau sering disebut sekring suhu. Cara mengganti hanya sekedar mencari pengganti yang sama, lalu pasang. Lalu saat tidak tersedia komponen pengganti yang sama ? Apa yang harus dilakukan? Apakah hanya dengan mengganti sekring terus alat kembali berfungsi ?

Hati-hati, sekring putus pasti ada penyebabnya. Kalau kondisi normal sektring tidak akan putus. Jadi kalau ganti sekring putus lagi, maka perlu di cek semuanya, bukannya malah di jumper ya!!!

Seperti yang kita ketahui Thermofuse atau thermalfuse merupakan sebuah sekring yang berfungsi untuk melindungi peralatan dari kerusakkan akibat kepanasan. 

Namun komponen tersebut merupakan sebuah sekering sekali pakai . Maksudnya bila sekring ini mengalami kepanasan, maka akan putus. Setelah peralatan didinginkan, sekring tersebut harus di ganti dengan yang baru karena tidak bisa kembali terhubung. 

Ads Metta3

Spesifikasi Thermalfuse atau Thermalfuse

Terdapat 3 hal yang harus diperhatikan saat mengganti komponen tersebut yaitu :

  • Suhu proteksi
  • Besar Arus
  • Voltase Kerja

Suhu Proteksi Thermofuse

Suhu proteksi merupakan faktor utama yang harus diperhatikan. Biasanya pemilihan nilai suhu didasarkan pada keamanan alat tersebut mampu bertahan. 

Misalkan sebuah motor kipas angin misalnya, kawat yang dipergunakan umumnya mampu bertahan hingga suhu 185C. 

Artinya bila suhu motor melebihi suhu tersebut, maka motor tersebut akan rusak. 

Dengan demikian, biasanya dari pabrik kipas angin akan memasang thermofuse dengan suhu 135C hingga 150C dengan tujuan agar arus dapat diputus pada suhu tersebut. 

Catatan: Suhu tersebut hanya contoh. Banyak motor kipas angin saat ini yang menggunakan kawat aluminium yang hanya mampu tahan sampai 150C, jadi sekring yang dipergunakan juga harus lebih rendah. 

Saat motor kepanasan, maka thermofuse akan putus, sehingga motor tidak sampai terbakar. Kondisi inilah yang membuat pengguna harus mengganti dengan thermofuse baru. 

Besar Arus Thermofuse

Besar arus biasanya ditulis dalam angka amper seperti 1A, 2A, 5A, 10A atau 20A dst. Pastikan mengganti dengan nilai besaran arus yang sama agar tidak kembali putus. 

Namun jika tidak bisa menemukan amper yang sama, minimal harus menggunakan rating amper yang sedikit lebih besar. 

Voltase Kerja Thermofuse

Voltase yang umum ditemukan adalah sebesar 220V. Namun perlu tetap diperhatikan agar tidak salah membeli thermofuse dengan voltase yang rendah. Rentang voltase antara 200V hingga 240V dapat diterima untuk peralatan 220V. 

Cara mengganti Thermofuse atau Thermalfuse perlu memperhatikan beberapa hal di atas. Mengganti dengan jumper atau dihubung singkat tidak dianjurkan walaupun alat dapat bekerja. Namun fungsi proteksi akan hilang. 

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *