Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum

Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum

WikiKomponen.comCara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum. Mengetes kerusakan dioda dapat dilakukan dengan multitester atau avo meter. Pengujian dilakukan dengan cara mengujinya pada posisi saklar tester pada posisi pengukuran ohm. Selanjutnya adalah mengikuti pembacaan pada jarum tester sesuai dengan sifat dioda yang melewatkan arus pada satu arah.

Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum

Untuk mengetahui sebuah dioda rusak atau masih baik, hal yang pertama harus dilakukan adalah menempatkan posisi multitester pada pengukuran tahanan pada posisi 1x. Posisi tersebut dapat mendeteksi tahanan yang sangat kecil, sehingga tepat untuk dipergunakan dalam pemeriksaan kerusakan dioda.

Langkah Pengujian Dioda Dengan Multitester

  1. Menempatkan Avo Meter pada posisi R 1x.
  2. Tempatkan jarum tester + atau probe merah pada sisi kaki dioda yang memiliki strip perak atau katoda. Pada pengukuran demikian, jarum tester harus bergerak.
  3. Tempatkan kembali dengan arah sebaliknya. Jika jarum juga bergerak, maka ini berarti dioda tersebut mengalami kerusakan atau rusak. Posisi pengukuran demikian seharusnya jarum tidak bergerak karena kita telah mengetahui bahwa dioda tidak melewatkan arus pada arah terbalik.Cara Mengukur Dioda Dengan Multimeter

Pengukuran harus dalam keadaan aliran listrik yang telah diputus. Mengukur komponen dalam keadaan tersambung ke sumber listrik hanya dapat dilakukan oleh teknisi yang profesional. Mengukur dalam keadaan terhubung arus listrik memiliki cara yang berbeda. Namun bisa berbahaya dan berpotensi merusak rangkaian jika menyentuh komponen di sampingnya.

Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum

Untuk mengukur dioda dalam keadaan terhubung arus dapat juga dilakukan dengan bantuan sebuah batere. Hal ini terutama berguna untuk mengukur dioda zener. Namun posisi tester harus pada posisi pengukuran voltase DC.

Pada pengukuran, jika hasil pengukuran menunjukan voltase sesuai dengan voltase dioda, maka berarti dioda dalam keadaan baik. Sedangkan bila menunjukan 0 volt atau 9 volt, maka ini menunjukan bahwa dioda zener dalam keadaan rusak. Cara mengukur dioda dengan multitester jarum merupakan cara yang sangat praktis dan cepat. Namun pada pengukuran kedua juga dapat menggunakan multitester digital yang langsung menunjukan voltase.

Baca Juga Artikel:

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Cara Mengukur Dioda Dengan Multitester Jarum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.