Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya

Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya

WikiKomponen.comRangkaian seri paralel resistor dan kapasitor serta hitungannya sangat berguna saat memerlukan komponen resistor dan kapasitor yang tidak ada di pasaran. Cara mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan menyusun 2 atau lebih komponen resistor maupun kapasitor untuk mendapatkan nilai yang sama dengan yang kita butuhkan.

Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya
Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya

Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya

Rangkaian Seri Resistor

Cara menghitung nilai total rangkaian seri resistor cukup mudah. Nilai akhir yang diperoleh dari penyusunan secara seri adalah jumlah total dari seluruh nilai resistor tersebut. Resistor yang disusun seri dapat dihutung dengan menggunakan rumus berikut :

R tot  = R1 + R2 + R3 + R4 + R5

Ads Metta3

Contoh : Sebuah rangkaian seri resistor terdiri dari R1 = 1kΩ, R2 = 2.2kΩ, R3 = 3.3kΩ, R4 = 4.7kΩ. Maka nilai resistor total yang diperoleh dari susunan seri tersebut adalah

R tot = 1kΩ + 2.2kΩ + 3.3kΩ + 4.7kΩ

R tot = 11.2k Ω

Rangkaian Paralel Resistor

Resistor yang disusun secara paralel, hasil yang didapatkan akan semakin kecil. Nila total resistor dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut :

1/Rtot = 1/R1   +  1/R2  +  1/R3  + 1/R4

Contoh : Jika kita memiliki 2 buah resistor dengan nilai 10K dan 20K yang kemudian disusun dengan susunan paralel, maka nilai akhir yang diperoleh dari susunan tersebut adalah sebagai berikut :

1/Rtot = 1/10KΩ   +   1/20KΩ

1/Rtot = 2/20KΩ  + 1/20KΩ

1/Rtot = 3/20KΩ

Rtot  =  20/3KΩ  ∼ 6.7KΩ

Rangkaian Seri Kapasitor

Untuk menghitung nilai total rangkaian seri kapasitor, rumus yang dipergunakan mirip dengan rumus yang dipergunakan untuk menghitung rangkaian paralel resistor. Rumus untuk menghitung rangkaian seri kapasitor adalah sebagai berikut:

1/Ctot = 1/C1  +  1/C2  + 1/C3  +  1/C4

Rangkaian Paralel Kapasitor

Demikian juga dengan rangkaian paralel kapasitor, untuk menghitungnya mirip dengan susunan resistor seri yaitu tinggal menambahkan total kapasitor yang disambung saja.

Rumus untuk menghitung nilai total kapasitor yang disusun paralel adalah sebagai berikut :

Ctot  =  C1  +  C2  +  C3  + C4

Rangkaian seri paralel resistor dan kapasitor serta hitungannya tidak hanya dapat dilakukan secara terpisah, tetapi dapat juga dikombinasikan antara hubungan seri dan paralel sekaligus. Dengan demikian, variasi dari kombinasi tersebut akan menghasilkan nilai resistor yang lebih bervariasi.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Rangkaian Seri Paralel Resistor Dan Kapasitor Serta Hitungannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *