Cara Mencegah Transistor Final Power Cepat Panas

Cara Mengurangi Panas Transistor Final Power

WikiKomponen.com – Tips cara mencegah transistor final power cepat panas dapat meningkatkan kekuatan dan awetnya peralatan amplifier dan elektronik. Hal ini terutama untuk peralatan yang menyangkut kelancaran acara.

Cara Mencegah Transistor Final Power Cepat Panas

Adalah lumrah jika sebuah transistor saat bekerja berubah menjadi panas. Namun jika kondisi transistor terlalu panas, hal ini tentu harus dicarikan jalan keluar agar tidak mengalami kerusakan. Umumnya transistor mampu bertahan hingga suhu sekitar 65oC.

Lalu saat transistor mengalami suhu tinggi yang melebihi suhu tersebut, apa yang harus dilakukan. Apakah dibiarkan atau ada usaha yang dapat dilakukan?

Ads Metta3

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari kerusakan pada sebuah transistor akibat kepanasan.

Cara Mencegah Transistor Final Power Cepat Panas

Menggunakan Heatsink Atau Heatsink Yang Lebih Besar

Menggunakan heatsink yang lebih besar atau sirip yang lebih banyak dapat mempercepat pelepasan panas transistor. Semakin banyak sirip semakin baik kondisi heatsink tersebut. Ini merupakan cara yang paling baik untuk mengurangi panas transistor akibat pemakaian yang rutin.

Mengoleskan Pasta Silikon

Pasta silikon berfungsi untuk merapatkan kontak permukaan transistor dengan heatsink, sehingga transfer panas lebih baik dan lebih cepat. Hasilnya, suhu transistor turun lebih cepat dibandingkan jika tidak menggunakan pasta sama sekali.

Carilah pasta silikon yang berkualitas baik untuk metoda ini. Hindari menggunakan silikon yang salah yang justru akan menghambat perpindahan panas antara heatsink dan transistor. Ciri-cirinya adalah pasta tersebut tidak mudah kering.

Menggunaan Kipas Pendingin

Cara ini cukup manjur karena dapat memperlancar sirkulasi udara panas dalam casing amplifier, sehingga pelepasan panas lebih cepat. Agar mudah dalam pemasangan, carilah casing yang sesuai untuk pemasangan, sehingga tidak diperlukan pengeboran manual

Turunkan Voltase Supply

Cara ini merupakan cara yang paling terakhir. Namun jika memang tidak memungkinkan untuk menurunkan suhu transistor ke batas aman, maka ini merupakan cara satu-satunya yang paling sulit untuk dilakukan.

Jika kondisi trafo memungkinkan, maka anda tingga memindahkan sambungan aliran listrik ke voltase yang lebih kecil. Namun jika tidak ada pilihan voltase, tentu hal ini tidak dapat dipergunakan.

Author: Wikikomponen

5 thoughts on “Cara Mencegah Transistor Final Power Cepat Panas

  1. IC tda 2003 cepat panas padahal normalnya 12vol. Juga suara kurang bersih kaya kurang amper pengaruh apa ya.apa pengaruh vcc nya 0-12 bukan cimetris.

    1. seperti kurang amper maksudnhya drop voltase saat ditempel tester? cek kualitas tda2003, cek ukuran elco, cek ukuran trafo.

  2. Gni om..kan sya pnya amplifier rakitan nahh ketika speaker sya paralel cepet panas..tpi klo d seri cuma anget..tpi klo d seri suaranya gk enak..
    Pke 2 set toshiba travo 10 A kecil speaker 12×2 subwoofer 350×2…cra ngatasin nyaa gmna om?

    1. Dari sebutan anda 5A Kecil , saya dapat menduga bahwa trafo yang bapak pergunakan adalah trafo yang dijual di toko-toko. Dari penelusuran kami beberapa tahun yang lalu, trafo 5A Besar hanya berisi 3.5Amper saja. Kalau 5AK sekitar 3A, bahkan ada yang 2A saja. Jadi label tidak sesuai dengan isi. Jadi pasti panas karena trafo demikian hanya mampu 30 hingga 50Watt saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.