Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis

Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis

WikiKomponen.com Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis. Untuk menghitung ukuran yang diperlukan untuk menghantarkan arus listrik pada peralatan trafo dan coil, diperlukan tabel maupun program yang dapat membantu hitung dengan cepat.

Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis
Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis

Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis

Dengan menggunakan program perhitungan di bawah ini, maka mencari ukuran kawat trafo yang cocok menjadi semakin mudah.

Dalam program tersebut, juga sudah disertakan opsi faktor keamanan untuk merancang peralatan elektronik seperti trafo dan coil sesuai dengan faktor keamanan yang diinginkan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan faktor keamanan antara 1 – 1.2 untuk memastikan peralatan aman 100%, mengingat terdapat faktor yang mempengaruhi kemampuan kawat.

Ads Metta3

Sedangkan untuk instalasi listrik sebaiknya menggunakan faktor keamanan 1.2-1.5 sebagai faktor keamananan, terutama sambungan yang memerlukan kabel yang sangat panjang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi kawat antara lain, kemurnian kawat, ketebalan kulit, keseragaman ukuran kawat dari ujung ke ujung, serta jenis campuran dan ketahanan terhadap suhu dari kawat yang dipergunakan.

Dengan menggunakan faktor keamanan tersebut, maka kemungkian besar peralatan yang dirancang akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Menghitung amper VS diameter ukuran kawat dengan program otomatis ternyata cukup mudah dan menyenangkan dibandingkan harus menggunakan tabel. Cara lain untuk melihat kemampuan kawat terhadap ukuran kawat dapat juga menggunakan tabel seperti yang banyak dipergunakan ditemukan di internet. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga Artikel:

Author: Wikikomponen

5 thoughts on “Menghitung Amper VS Diameter Ukuran Kawat Dengan Program Otomatis

  1. besar kawat primer dan sekunder untuk trafo 10 ampere kecil itu berapa dan jumlah lilitanya

    1. Cara menentukan ukuran kawat tembaga untuk mengalirkan arus tertentu dapat dilakukan dengan meggunakan kalkulator yang telah disediakan, bisa langsung masukkan amper agar dihitung ukuran diameternya. Demikian juga untuk jumlah lilitan juga sudah ada kalkulatornya ya

  2. Mau nnya mohon bimbingannya,,
    Klo mau bikin trafo toroid 5Amper murni,cor yg di butuhkan brpa2 ajh?,
    Lebar keliling luar….
    Lebar keliling dalam…
    Tinggi core…
    Trus untuk kawat imailnya brpa2?
    Uk kawat Primer 220V…
    Uk kawat Skunder 32v ct 32v,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *