Belajar Perawatan Dan Cara Memperbaiki Sendiri Setrika Rusak

Belajar Perawatan Dan Cara Memperbaiki Sendiri Setrika Rusak

WikiKomponen.comBelajar Perawatan Dan Cara Memperbaiki Sendiri Setrika Rusak. Harga bukan jaminan strika akan awet. Komponen elemmen setrika yang terlalu panas atau kurang, kabel terkelupas, lengket, umumnya bukan karena yang murah dari sebuah strikaan.

Belajar Perawatan Dan Cara Memperbaiki Sendiri Setrika Rusak

Umumnya strika mengalami kerusakan karena kesalahan dalam perawatan maupun pemakaian. Strika yang seharusnya diatur pada suhu tertentu, diatur berlebihan, sehingga kepanasan dan merusak pakaian. Akibatnya pakaian lengket di bawah setrikaan.

Selain itu juga mensetrika plakaian dengan bahan nilon juga dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan.

Ads Metta3

Sebelum masuk ke bagian cara memperbaiki, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu beberapa jenis penyebab kerusakan.

Belajar Perawatan Dan Cara Memperbaiki Sendiri Setrika Rusak

Berbagai Kerusakan Dan Cara Memperbaiki Setrikaan

Untuk dapat memperbaiki, hal yang pertama adalah mengetahui secara jelas kerusakan yang terjadi. Bagian yang perlu pertama kali diperiksa adalah:

  • Bagian Kabel Setrika.
    • Periksalah apakah kabel terhubung dengan baik pada bagian steker atau colokan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengukur atau membuka baut setrikaan jika terdapat baut yang dapat dibuka.
    • Jika tidak dapat dibuka, ukurlah kabel tersebut dari bagian steker ke bagian ujung pada setrika dengan menggunakan Multitester.
    • Jika memang terdapat kerusakan atau pengukuran menunjukan tidak tidak ada hubungan atau putus dalam, gantilah dengan kabel baru.
  • Bagian Alas Setrikaan.
    • Jika alas setrikaan lengket karena terkena karet atau bahan karet dan nilon, jangan membersihkan dengan menggunakan alat tajam atau lainnya.
    • Panaskan setrikaan hingga suhu tinggi, lalu gosokan alas setrikaan kekain katun yang sudah tidak terpakai. Dengan demikian, bagian bawah setrikaan akan kembali bersih.
  • Periksa Bagian Thermostat
    • Thermostat merupakan bagian pengatur suhu otomatis. Cobalah untuk menghidupkan setrikaan. Setelah panas, cobalah untuk memutar thermostat tersebut ke berbagai arah. Sambil putar, perhatikan lampu indikator apakah berubah antara hidup dan mati.
    • Jika lampu indikator tidak berubah walaupun dirubah-rubah, pastikan thermostat dibersihkan dari kotoran pada bagian kontak termostatnya.
    • Periksalah fisik thermostat. Jika mengalami kerusakan, gantilah dengan yang baru.
    • Perhatikan untuk melakukan pengetesan tersebut dalam keadaan tidak terhubung ke listrik saat membersihakan thermostat.
  • Bagian Elemen Setrika
    • Kerusakan elemen solder ditandai dengan beberapa hal yaitu tidak panas sama sekali. Kondisi demikian hanya dapat diatasi dengan mengganti denngan elemen baru. Carilah elemen yang sesuai dengan tipe dan ukuran.
    • Jika terjadi kebocoran pada alat setrikaan, periksa juga bagian tersebut dengan menggunakan test pen. Ganti segera bila terjadi kebocoran pada bagian elemen.

Tips Untuk Mencegah Kerusakan Strika

  1. Jangan menggunakan cabang steker yang sudah longgar. Hal ini dapat menyebabkan colokan strika menjadi panas dan mengalami kerusakan.
  2. Jangan mengetuk-ketuk setrikaan. Kebiasaan ini bisa sangat berbahaya karena bisa merusak elemen solder.
  3. Gunakan alas setrika menggunakan bahan besi. Alas besi dapat membahayakan jika terjadi kebocoran listrik pada peralatan.

Belajar perawatan dan cara memperbaiki sendiri setrika rusak dapat sangat menyenangkan jika ditekuni. Bahkan ini bisa menjadi salah satu peralatan yang dapat diperbaiki di bengkel dengan waktu kerja yang singkat. Selamat mencoba

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *