Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM

Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM

WikiKomponen.comMengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM. Sering kita menemukan simbol UL 1007, UL 1015, dan UL 1061 pada kabel jenis AWG atau AWM. Jenis kabel tersebut merupakan kabel dengan standard UL yang masing-masing mempunyai arti yang berbeda.

Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM
Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM

Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM

UL sendiri diberlakukan di Amerika Serikat dan Canada untuk material yang disertifikasi UL yang biasanya mempunyai kelas anti bakar. Sedangkan angka dibelakangnya mempunyai arti yang yang menunjukkan insulasi, ketahanan terhadap voltase, ketebalan kulit, ketahanan terhadap suhu dan ketahanan terhadap perlakukan lipatan dan sebagainya. Tipe kabel UL merupakan kabel yang tahan terhadap cairan pelarut, minyak, dan kimia.

Ketiga tipe kabel tersebut di atas memiliki kesamaan yaitu untuk wiring internal dalam penggunaan elektronik.

Ads Metta3

Kabel UL 1007.

Kabel tersebut tahan terhadap suhu hingga 80ºC dan tegangan 300 Volt. Kabel jenis ini dianjurkan untuk penggunaan kabel yang memerlukan sifat fleksibel untuk penggunaan rumah tangga.

Kabel UL 1015.

Kabel jenis ini memiliki ketebalan kulit PVC yang lebih besar. Kabel tersebut dapat bertahan hingga voltase 600 volt dan temperatur 105ºC.

Kabel UL 1061.

Kabel jenis ini mampu bertahan hingga temperatur 80ºC dan tegangan Volt. Namun jenis kabel tersebut mempunyai kulit yang sangat tipis. Jenis tersebut hanya dianjurkan dipakai pada bagian dalam peralatan yang tidak mengalami penarikan maupun tekukan.

Cobalah untuk membakar kabel dengan sertifikasi UL. Kabel jenis ini walaupun terbuah dari PVC, jika sumber api dijauhkan dari kabel yang sudah terbakar, maka api tidak menjalar lebih jauh. Api biasanya langsung kembali padam. Berbeda dengan kabel yang tidak dilengkapi dengan kode UL biasanya api akan terus menjalar dan meneteskan plastik yang terbakar.

Hampir semua peralatan elektronik yang akan di ekspor ke pasar Amerika mengisyaratkan penggunaan kabel jenis ini dan sertifikasi UL. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sertifikasi UL dan berbagai jenis standarisasi eropa lainnya, baca lebih lanjut tentang artikel terkait.

Selain kode di atas, kabel jenis UL ini juga menggunakan kode ukuran AWG seperti AWG22, AWG24, AWG26, AWG28 dan sebagainya. Semakin besar angka, semakin kecil ukuran kawat.

Dengan mengenal arti kode kabel AWG dan AWM, kita akan lebih leluasa memilih jenis spesifikasi yang diperlukan.

Baca Juga Artikel:

Author: Wikikomponen

3 thoughts on “Mengenal Arti Kode UL Kabel AWG Dan AWM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.