Wiring Star Delta Motor Listrik Dinamo 3 Phase

WikiKomponen – Jangan bingung dengan pengertian rangkaian atau wiring Star Delta Motor Listrik Dinamo 3 Phase . Tujuan penjelasan berikut ini akan membahas kelebihan, kekurangan , tujuan dan perbedaan beberapa konfigurasi koneksi motor listrik atau dinamo 3 fasa .

Keuntungan koneksi secara delta lebih bisa diandalkan. Jika salah satu gulungan primer trafo putus atau rusak, maka sekunder akan tetap mengsuppply tenaga yang cukup untuk ketiga phasa. Kedua fasa yang tersisa yang masih berfungsi akan mampu menggerakan motor.

Berbeda halnya dengan koneksi Bintang atau WYE, jika salah satu primer mengalami kerusakkan, maka dua phasa lain delta lainnya di sekunder akan mengalam penurunan daya yang bisa dilihat dari voltase yang drop.

JIka sekunder juga dihubungkan secara Bintang atua WYE, maka kedua fasa akan mengalami penurunan voltase dan fasa lainnya akan menunjukkan 0 volt. Keuntungan dari koneksi bintang adalah terdapat piilihan 2 macam voltase tanpa perlu trafo tambahan.

Ads Metta3

Pelajari juga tentang kelebihan trafo 3 phase dengan hubungan Delta dan Bintang

Cara Menghubungkan Motor Listrik 3 Fasa

Cara menghubungkan motor listrik 3 fasa sangat terkait dengan trafo yang tersedia, Itulah sebabnya motor 3 fasa tersedia dalam beberapa konfigurasi wiring. Berikut ini cara wiring Star Delta motor listrik dinamo 3 Phase

Koneksi motor tiga fase adalah salah satu dari banyak variabel yang dapat digunakan oleh perancang motor untuk mengoptimalkan kinerja dan umur mesin. Perancang menentukan apakah akan menggunakan sambungan wye atau delta dan berapa banyak rangkaian paralel untuk memaksimalkan kerapatan arus (mil melingkar per amp atau cm / A) sambil mengoptimalkan kerapatan fluks dan kemampuan manufaktur.

Pada motor tiga fase, akar kuadrat dari tiga adalah angka penting. Karena hubungan fase dari tiga belitan yang ditunjukkan pada Gambar 1, tegangan dan arus saling terkait dengan faktor ini. Dalam belitan delta, tegangan fasa diterapkan ke setiap belitan fase tetapi arus memiliki dua jalur yang memungkinkan. Karena hubungan fase belitan, arus tidak terbelah dua tetapi oleh akar kuadrat dari tiga (1,73). Yang sebaliknya berlaku untuk koneksi Wye; tegangan fasa pada setiap fasa adalah tegangan saluran dibagi dengan 1,73, dan arus fasa sama dengan arus di setiap kumparan. Ini adalah alasan bahwa motor luka luka memiliki putaran kawat yang lebih berat lebih sedikit daripada motor yang terhubung dengan delta.

Koneksi Delta Motor 3 Fasa ( Phase )

Wiring Star Delta Motor Listrik Dinamo 3 Phase - Foto fisik Koneksi Delta Motor 3 Fasa bisa perhatikan warna kabel dalam merangkai

Koneksi Bintang atau Delta Motor 3 Fasa

Koneksi Bintang atau Delta Motor 3 Fasa

Koneksi Bintang Delta Motor 3 Phase atau 3 Fasa

Koneksi Bintang Delta Motor 3 Fasa

Skema Berbagai Koneksi Motor 3 Fasa

Skema Berbagai Koneksi Motor 3 Fasa
Wiring Star Delta Motor Listrik Dinamo 3 Phase

Dari penjelasan di atas, mudah-mudahan pemasangan motor 3 fasa ke depan akan lebih mudah.

Silakan kembali setiap saat untuk memperoleh referensi lainnya seputar motor listrik yang akan terus kami sajikan.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *