Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Warna Kabel Instalasi Listrik Rumah Standard PLN

WikiKomponen.comWarna kabel instalasi listrik rumah standard PLN berdasarkan PUIL harus memperhatikan warna dan ukuran kabel sesuai dengan kapasitas. Hal ini mempertimbangan keamanan untuk tujuan pemeliharaan listrik, sehingga kabel dipergunakan sesuai dengan fungsi yang telah ditentukan.

Warna Kabel Instalasi Listrik Rumah Standard PLN

Warna Kabel Instalasi Listrik Rumah Standard PLN

Warna Kabel Instalasi Listrik Rumah Standard PLN

Dengan berpatokan pada warna yang telah ditentukan dan disepakati, pemasangan peralatan listrik dan pemeliharaan akan lebih mudah dilakukan. Terdapat beberapa warna yang sering ditemukan di pasaran yaitu:

Ads Metta3
  • Merah
  • Hitam
  • Biru
  • Kuning
  • Hijau

Warna kabel merah dan kuning dipergunakan sebagai pengantar listrik satu fasa. Kedua kabel tersebut harus ditangani dengan hati-hati karena dialiri dengan listrik dari PLN.

Warna kabel hitam dipergunakan sebagai pengantar listri 2 phase untuk kabel fasa ke 3. Sedangkan biru dipergunakan untuk kabel netral.

Selain itu, masih terdapat warna hijau strip yang dibergunakan sebagai arde atau ground. Warna kabel tersebut dapat ditemukan di dalam kabel NYA, NYM, serta NYY.

Cara Pengecekan Ketepatan Warna Kabel

Seringkali, pemasangan yang dilakukan oleh teknisi yang bukan merupakan rekanan PLN tidak mengikuti standar tersebut. Akibatnya, saat melalukan perbaikan, sebaiknya selalu lakukan pengecekan untuk keamanan. Sebaiknya matikan MCB saat melakukan instalasi.

Namun, jika harus melakukan perbaikan, pergunakan testpen untuk memanstikan warna konduktor yang dipakai untuk aliran listrik dan ground, sehingga tidak salah memasang dan mangalami hubungan singkat.

Selalu pergunakan kabel listrik yang lebih besar untuk persiapan menambah daya dikemudian hari. Dengan demikian, saat menambah daya tidak perlu mengganti seluruh kabel instalasi.

Warna kabel instalasi listrik rumah standard PLN sebaiknya selalu diikuti agar tidak menyebabkan kesalahan pemasangan dikemudian hari.

2 Comments

  1. jannes 15/12/2016 Reply
    • wikikomponen 19/12/2016

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *