Trafo Stepdown Switching 3 Phase Khusus untuk Motor Servo

WikiKomponen – Trafo Stepdown Switching 3 Phase Khusus untuk Motor Servo merupakan jenis trafo stepdown elektronik untuk menurunkan tegangan 380V 4 kabel ke 220V 3 kabel dengan kapasitas mulai 2.000watt hingga 80.000 watt. .

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, jenis ini tidak dapat dipergunakan untuk motor induksi baik AC maupun DC. Lihat pembahasannya di bawah ini.

Trafo Stepdown Switching 3 Phase Khusus untuk Motor Servo

Kelebihan Trafo Stepdown Switching 3 Phase khusus untuk Motor Servo

Trafo elektronik jenis ini memiliki berat dan ukuran dimensi yang relatif kecil jika dibandingkan dengan trafo inti besi. Efisiensi pada jenis trafo ini bahkan mampu mencapai 99%. Berbeda dengan trafo stepdown yang hanya mampu mencapai efisiensi 90%.

Voltase output yang dihasilkan sangat stabil dan maksimal, sehingga sangat cocok untuk peralatan yang memerlukan kestabilan maksimal.

Trafo elektronik memiliki berat yang sangat ringan. Sebuah trafo dengan kapasitas sekitar 80KWatt bahkan memililki berat kurang dari 10KG. Ini berarti hampir ratusan kali lebih ringan dari jenis trafo dengan inti besi.

Dari segi ukuran, sebuah trafo dengan daya 20KW mampu dibuat dengan ukuran 25cmx12x12cm. Hal ini tentu merupakan sebuah penghematan yang luar biasa untuk ruangan.

Detail design trafo jenis ini dapat dilihat di spesifikasi yang dipublikasikan salah satu perusahaan produsen trafo di Jakarta melalui link ini.

Kekurangan Trafo Switching 3 Phase

Salah satu hal yang peru diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih trafo jenis ini adalah keterbatasan aplikasinya.

Trafo jenis ini tidak dapat dipergunakan untuk mesin pada umumnya, tetapi hanya terbatas pada jenis mesin modern yang menggunakan motor servo saja. Itupun tidak semua jenis servo.

Umumnya penjual tidak menjelaskan hal tersebut, sehingga ada kemungkinan barang yang dibeli tidak dapat dipergunakan. Hal ini tentu saja menyebabkan trafo yang dibeli tidak terpakai.

Secara fungsi dan konstruksi, jenis trafo stepdown switching sangat berbeda dengan trafo stepdown inti besi atau konvensional.

Beberapa Kekurangan Trafo Stepdown Switching 3 Phase lain dari trafo jenis ini antara lain:

  • Tidak tahan terhadap oli, kelembaban, serta debu.
  • Suhu ruangan tidak boleh lebih dari 50C
  • Tidak tahan terhadap getaran berlebihan.

Saat ini, trafo jenis ini sudah mampu diproduksi di dalam negeri atau paling tidak sudah dapat kami temukan dalam bentuk produk impor di dalam negeri.

Beberapa saat yang lalu, kami sempat memperoleh review dari salah satu distributor produk tersebut dengan performance kerja yang sangat memuaskan pada mesin CNC.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *