Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Memesan Trafo Stepdown Dengan Banyak Pilihan Voltase

WikiKomponen.com – Tips Memesan Trafo Stepdown Dengan Banyak Pilihan Voltase. Transformer untuk menaikan atau menurunkan tegangan mulai 440 Volt ke 220 volt, 380 ke 110 volt, maupun kombinasi berbagai voltase sering membuat pengguna kesulitan.

Kali ini kita akan melihat bagaimana caranya merancang atau memesan trafo yang sesuai dengan penggunaan dan fleksibel untuk dipergunakan diberbagai rentang voltase.

Dengan adanya artikel ini, diharapkan pengguna tidak lagi perlu memesan trafo beberapa trafo untuk berbagai keperluan, tetapi cukup 1 untuk dipakai secara fleksibel pada berbagai peralatan. Hal ini tentu merupakan sebuah penghematan.

Tips Memesan Trafo Stepdown Dengan Banyak Pilihan Voltase

Banyaknya output atau pilihan sebuah trafo tidak akan menyebabkan harga trafo menjadi sangat mahal. Walaupun terdapat perbedaan harga, namun jika dibandingkan harus membeli 2 buah trafo , tentu saja hal ini akan jauh menghemat.

Skema Rancangan Trafo

Tips Memesan Trafo Stepdown Dengan Banyak Pilihan VoltaseDari skema di atas, kita dapat melihat bahwa trafo tersebut merupakan jenis trafo stepup atau stepdown dengan voltase 220 volt ke 110 volt. Sekilas mungkin kita menganggap bahwa selain kedua voltase tersebut, voltase lain tidak memiliki kegunaan.

Namun kita dapat memanfaatkan output tersebut saat voltase suatu daerah cenderung lebih rendah dari voltase yang akan dipergunakan. Caranya adalah menggunakan output 120 volt. Walaupun dirancang untuk 120 volt, ternyata voltase yang keluar dari pin tersebut hanya sebesar 110 volt pada kondisi daerah yang drop 10 volt.

Demikian juga jika daerah tersebut memiliki voltase yang sangat rendah, sehingga target 110 volt untuk mesin tidak tercapai. Maka trafo tersebut telah dipersiapkan untuk kondisi tersebut.

Caranya adalah menggunakan pin 208 volt. Saat input dihubungkan ke 0-208 volt, maka voltase yang dicapai pada bagian output di pin 120 dapat lebih tinggi dari voltase yang didapat jika dihubungkan ke pin 0-220 volt.

Kelebihan Trafo Step Down Multi Tap

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, trafo yang dirancang dengan berbagai pilihan output cenderung lebih flexibel dan canggih walaupun buat orang awam lebih membingungkan. Namun jika memperhatikan apa yang saya jelaskan di atas, jelas bahwa trafo tersebut menjadi sangat menghemat pada berbagai kondisi.

Rancangan trafo multi tap tidak akan menambah harga trafo hingga terlalu tinggi , kecuali jika voltase yang diminta meningkat dari rancangan awal. Jadi jangan malu untuk konsultasikan hal tersebut dengan produsen trafo saat anda memesan.

Dibandingkan dengan memesan berbagai macam trafo dengan voltase yang berbeda-beda tentu akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan membuat sebuah trafo yang setiap saat dapat disesuaikan dengan kondisi tegangan listrik. Caranya pun tidak terlalu sulit. Cukup menggunakan sebuah saklar selektor dengan amper besar hingga 40A yang saat ini sudah banyak di jual di berbagai situs online.

Kombinasi antara setiap input dan output akan mampu menghasilkan voltase yang diperlukan secara fleksibel. Pergunakan tips memesan trafo stepdown dengan banyak pilihan voltase agar trafo dapat maksimal.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *