Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Rusak

WikiKomponen.comTips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Rusak. Keyboard, layar, batere dan program merupakan bagian komputer yang paling rawan dari kerusakan. Agar awet, perlu memperhatikan bebarapa hal yang harus dilakukan dan dihindarkan pada bagian-bagian tersebut.

Terutama bagian keyboard, hari ini kita akan diberikan beberapa tips cara merawat keyboard laptop agar tidak rusak dan awet, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya hingga ratusan ribu rupiah untuk memperbaikkinya.

Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Rusak

Keyboard merupakan salah satu bagian utama laptop yang paling sering mengalami kerusakan. Hal ini terutama terjadi pada laptop yang dipergunakan untuk mengetik secara terus-menerus. Tentu saja hal ini sangat mengganggu jika keyboard harus diperbaiki karena laptop berbeda dengan destop yang bisa hanya membeli keyboard baru.

Ads Metta3

Pada laptop, seluruh komputer harus ditinggal untuk dapat diperbaiki, sehingga memuat pekerjaan tertunda karena tidak bisa dipergunakan.

Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Rusak

Tips Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Rusak

Jenis Kerusakan Keyboard

Gangguan yang sering dialami oleh sebuah keyboard antara lain:

  • Keyboard Mati Total
  • Keyboard Mati Pada Tombol Tertentu
  • Keyboard Sangkut Pada Tombol Tertentu
  • Tombol Terlepas

Jika mengalami gangguan seperti yang tersebut di atas, bisa dipastikan keyboard mengalami kerusakan dan hampir tidak ada yang bisa dilakukan.

Keyboard Mati Total

Jika hal ini terjadi, maka hampir tidak ada yang bisa dilakukan oleh kita selain memperbaikinya. Umumnya kerusakan yang demikian harus diatasi dengan mengganti seluruh keyboard yang rusak. Bisasanya hal ini terjadi karena terkena tetesan air.

Keyboard Mati Pada Tombol Tertentu

Jika terjadi demikian, maka kemungkianan biasanya bisa dicoba dengan membersihkan. Cara demikian biasanya dapat diatasi. Namun tidak menutup kemungkinan keyboard tersebut mengalami kerusakan parsial. Dalam kondisi kerusakan bukan karena kontak tombol yang kurang sempurna, keyboard harus diganti.

Keyboard Sangkut Pada Tombol Tertentu

Kerusakan demikian biasanya ditandai dengan huruf berulang seperti …….ffffffffffffffffffffff…. dan sebagainya. Kerusakan demikian biasanya bisa diatasi dengan membersihkan bagian tombol yang mengalami gangguan.

Tombol Keyboard Terlepas

Tombol dipasang dengan cara menggunakan sistem jepitan kecil pada keyboard sering mudah copot jika sudah dipakai bertahun-tahun. Cara Paling mudah adalah dengan mengembalikan ke posisi jepitan dan tekan kembali agar terpasang.

Tips Merawat Keyboard

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keyboard dapat awet adalah sebagai berikut:

  • Jangan meletakan minuman di sekitar keyboard
  • Sering-seringlah membersihkan debu pada keyboard
  • Membuka steples di tempat yang tidak terdapat keyboard. Hal ini sering menyebabkan isi steples masuk ke keyboard dan merusak jalur keyboard.
  • Tidak meletakan di kaki atau tempat tidur saat mengetik. Permukaan yang tidak rata membuat keyboard mudah rusak.

Tips cara merawat keyboard laptop agar tidak rusak ini dapat mengatasi berbagai penyebab kerusakan utama pada keyboard.

Baca Juga Artikel :

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *