Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

WikiKomponen.comTips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin. Petunjuk perawatan sendiri unit indoor AC rumah bertujuan memberikan cara yang benar dan tepat, sehingga pendingin ruangan dapat bekerja dalam keadaan optimal. Selain itu juga agar AC tetap awet dan tidak menimbulkan masalah dan keluhan akibat kondisi AC yang tidak dingin.

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Seperti yang sudah pernah dibahas dalam artikel sebelumnya tentang berbagai macam kerusakan yang paling sering ditemui pada AC rumah, kali ini kita akan melihat lebih jauh tentang cara perawatan dan cara pemakaian yang benar, sehingga AC terhindar dari kerusakan seperti yang pernah dijelaskan sebelumnya.

Ads Metta3

AC rumah sebenarnya telah dirancang dengan cukup baik untuk bertahan lama walaupun dipakai terus menerus sepanjang hari. Namun terdapat beberapa hal yang dapat merusak AC dan mengurangi masa pemakaian AC jika tidak diketahui. Berikut adalah beberapa tips cara merawat AC agar tetap awet dan dingin yang dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan teknisi.

Membersihkan Saringan Udara Sesering Mungkin

Saringan udara berfungsi untuk menyaring debu agar tidak menyumbat dan menempel pada permukaan evaporator. Namun karena debu yang menempel pada saringan tidak dibersihkan, udara yang dapat melalui saringan menjadi berkurang. Akibatnya AC menjadi tidak dingin. Biasannya karena kondisi ini, pemakai cenderung melakukan setting pada suhu pengaturan thermostat yang sebenarnya sia-sia. ( Baca pada bagian thermostat ).

Masih seputar saringan, kondisi yang kotor membuat sebagian debu dapat tersedot ke dalam evaprator dan menyumbat celah evaporator, menutup permukaan evaporator, serta menempel pada kipas pendingin. Hal ini dapat menambah berat pekerjaan AC.

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Tips Cara Merawat AC Agar Tetap Awet Dan Dingin

Untuk itu , sangat dianjurkan untuk membersihkan saringan udara sesering mungkin. Tidak perlu menunggu sebulan sekali. Bersihkan setiap 2 minggu atau kapan pun sempat walaupun baru 1 minggu dibersihkan.

Membersihkan Evaporator

Membersihkan evaporator dapat dilakukan dengan menggunakan penyedot debu portabel. Saat membersihkan, usahakan jangan menekan sirip evaporator. Cukup arahkan vacum cleaner ke arah evaporator secara bolak-balik untuk menyedot sebagian debu yang sempat masuk ke dalam celah evaporator.

Membersihkan Kipas

Kipas juga harus sering dibersihkan dari debu yang menenpel. Dengan melakukan hal tersebut, sirkulasi udara akan membaik dan kerja AC menjadi lebih ringan dan cepat dalam mendinginkan.

Tidak Mengatur Suhu Thermostat Terlalu Rendah.

Thermostat berfungsi sebagai otomatis untuk melindungin dan mencegah ruangan agar tidak terlalu dingin. Selain itu, thermostat sebenarnya berfungsi untuk melindungi AC agar tidak bekerja secara berlebihan, terutama pada bagian kompressor.

Saat remote di atur pada suhu 18 º C, sebenarnya AC diperintahkan untuk bekerja terus menerus tanpa boleh berhenti hingga suhu ruangan mencapai 18 ºC. Pada siang hari, suhu tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dicapai. Akibatnya, AC menjadi kelebihan beban dan mengalami kerja berlebihan dalam jangka waktu lama.

Seringkali kita beranggapan bahwa mengatur suhu pada posisi 18 ºC membuat suhu ruangan lebih cepat dingin. Hal ini sama sekali keliru. Pengaturan demikian tidak membuat suhu lebih cepat dingin. Pengaturan demikian hanya menentukan target suhu yang ingin dicapai tanpa mempercepat suhu ruangan untuk menjadi dingin.

Demikian beberapa tips cara merawat AC agar tetap awet dan dingin. Semoga bermanfaat.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *