Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Cara Menghemat Tagihan Pemakaian Listrik Rumah

WikiKomponen.comTips Cara Menghemat Tagihan Pemakaian Listrik Rumah. Harga tarif listrik naik setiap tahun, sehingga membayar listrik menjadi semakin mahal saat ini. Agar tagihan tidak membengkak, terdapat beberapa cara untuk menghemat pemakaian listrik, sehingga tidak perlu bayar mahal. Tentu saja tips yang dibagikan disini merukapan tips yang legal dan tidak melanggar peraturan.

Tips Cara Menghemat Tagihan Pemakaian Listrik Rumah

Tips Cara Menghemat Tagihan Pemakaian Listrik Rumah

Berbagai cara dilakukan masyarakat untuk menghemat tagihan listrik. Mulai dari menggunakan alat penghemat listrik, pencurian listrik, membuka segel untuk mengakali meteran, atau cara apapun. Namun, sebenarnya untuk menghemat listrik tidaklah terlalu sulit. Bahkan cara yang diajarkan adalah cara yang legal. Simak tips berikut ini:

Ads Metta3

Menggunakan Lampu Hemat Energi

Lampu hemat energi mampu menghemat listrik hingga mencapai 50% – 80% dari lampu jenis bolam. Namun harga lampu jenis ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan lampu biasa. Karena harganya yang mahal, banyak masyarakat yang tidak rela membeli lampu jenis ini. Biasanya harga lampu dapat mencapai 4 kali lipat dari harga lampu biasa.

Namun tahukah anda bahwa lampu ini jauh lebih murah jika dihitung dari penghematan yang diberikan. Walaupun biaya untuk membeli lebih mahal, tapi kalau dihitung-hitung, lampu ini mampu menghemat hingga ratusan ribu setiap bulannya.

Bahkan, biaya pembelian lampu ini dapat tertutupi hanya dalam waktu kurang dari 3 bulan melalui penghematan tagihan listrik. Lampu hemat energi saat ini dikeluarkan dalam bentuk lampu elektronik dan LED.

Mematikan Alat Listrik Yang Tidak Dipakai

Biasakan mematikan lampu saat tidak dipergunakan. Lampu, kipas angin, pompa , AC dan sebagainya yang tidak dipergunakan sebaiknya dimatikan segera. Membiarkan listrik menyala tanpa dipergunakan adalah hal yang sangat boros.

Atur Suhu AC Dan Waktu Menyalakan AC

AC umumnya memiliki kemampuan untuk diatur temperaturnya melalui remote. Aturlah suhu pada temperatur yang memberikan kenyamanan. Jangan memasang temperatur hingga suhu yang terlalu rendah. Aturlah pengatur waktu untuk mematikan dan menghidupkan AC saat tidur.

Umumnya suhu udara malam hari akan turun sekitar jam 4 pagi. Aturlah AC untuk mati pada jam tersebut. Dengan demikian, setiap hari akan mampu menghemat listrik penggunaan AC hingga 2 jam.

Menggunakan Tangki Air Untuk Pompa

Jangan menggunakan pompa yang langsung dihubungkan ke keran tanpa melalui tangki air. Memasang dengan cara demikian membuat otomatis mesin akan hidup dan mati setiap saat air dihidupkan. Akibatnya adalah pemakaian listrik akan sangat boros.

Cabut Semua Charger Dan Peralatan Saat Tidak Dipakai

Walaupun tidak dipergunakan, sebagian alat elektronik masih mengkonsumsi listrik saat dalam keadaan stanby. Alat tersebut antara lain charger, rice cooker dan TV. Cabutlah peralatan tersebut dapat membantu menghemat pemakaian listrik.

Tips cara menghemat tagihan pemakaian listrik rumah dapat dilakukan secara legal tanpa menyalahi aturan yang diterapkan oleh PLN. Selalu ingat untuk tidak melakukan tindakan melanggar hukum seperti pencurian listrik maupun memodifikasi peralatan meteran.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *