Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop

WikiKomponen.comTips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop. Usia batere atau baterai notebook atau laptop yang cepat habis atau tidak kuat lama tentu akan sangat menggangu pekerjaan jika tidak bisa menemukan sumber listrik untuk mengisi kembali.

Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop1

Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Untuk menghindari terjadinya kehabisan baterai ketika laptop kita sangat diperlukan, terdapat 2 hal yang dapat dilakukan.

Ads Metta3
  1. Menghemat Pemakaian Baterai Laptop
  2. Memperpanjang Umur Batere Laptop.

Menghemat Pemakaian Baterai Laptop.

Lakukan penyetelan dan setting pada komputer laptop untuk menghemat penggunaan listrik, sehingga batere tidak terlalu cepat habis. Pada sistem windows, terdapat opsi penyetelan penghematan pemakaian listrik secara otomatis. Fitur tersebut dapat ditemukan pada control panel. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Tekan tombol star pada bagian kiri bawah layar komputer. Dari sini temukan opsi pengaturan komputer berupa control panel.
  • Pilih opsi tersebut, maka akan keluar semua pengaturan yang dapat dilakukan untuk komputer.
  • Carilah opsi Power Option lalu pilih.
  • Pilihlah opsi Power Saver Mode

Sekarang Laptop sudah berada pada mode hemat energi. Cara ini sangat mudah karena tidak memerlukan pemahaman terhadap cara penyetelan mana yang tepat. Cukup ikuti saran dari sistem.

Menghemat Pemakaian Baterai Laptop - Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop
Menghemat Pemakaian Baterai Laptop

Selain penyetelan otomatis, penggunaan baterai juga dapat dilakukan secara manual dari Power Option. Cara ini dinilai jauh lebih baik dan mampu menghemat lebih banyak penggunaan baterai dibandingkan dengan cara standard di atas.

Penyetelan manual dapat dilakukan dengan cara yang sama dengan langkap pertama, tetapi dilakukan optimasi dengan memilih ” Change Plan Setting ” di bagian kanan pilihan Power Saver berupa tulisan biru yang bisa di klik.

Setelah dipilih, maka akan terdapat pengaturan yang lebih lengkap seperti kapan harus mematikan hardisk, menggelapkan komputer, tingkat kecerahan atau terang gelapnya layar, serta opsi advance yang dapat mengatur kapan kapan komputer harus memberikan peringatan batere atau dimatikan secara otomatis.

Memperpanjang Umur Baterai Laptop.

Pernah merasa bahwa baterai baru saja di charge hingga penuh, tetapi ketika mau dipergunakan ternyata tidak sampai 5 menit baterai langsung tinggal 10% atau bahkan drop ? Terdapat beberapa cara untuk menjaga agar baterai laptop tetap mampu menyimpan listrik secara optimal tanpa mengalam hal demikian.

Hindari Mengisi Baterai Secara Terus-menerus

Jangan membiarkan laptop di charge terus menerus jika tidak dalam keadaan menyala atau dalam keadaan mati. Mengisi baterai secara terus-menerus akan beresiko rusaknya baterai. Umumnya pemakai laptop suka membiarkan laptopnya diisi saat tidak dipergunakan dengan harapan saat dipergunakan ditempat yang tidak memiliki sumber listrik akan punya cadangan maksimal.

Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan hal tersebut, namun ternyata kebiasaan kita adalah membiarkannya di isi terus-menerus hingga berhari-hari, bahkan berbulan-bulan dengan alasan lupa dicabut.

Dengan mengisi baterai secara terus-menerus membuat usia baterai semakin pendek. Biasanya baterai menjadi lebih cepat habis saat dipergunakan. Pertimbangkan untuk menghindari hal tersebut mengingat harga baterai laptop umunya mencapai Rp. 500.000 hingga Rp. 1 juta.

Pergunakan Sumber Listrik AC

Jika menggunakan laptop dirumah, usahakan pergunakan listrik dengan cara mengisi baterai atau pengisian terus dilakukan. Setelah penuh, laptop umumnya akan mampu mengalihkan diri ke mode penggunaan listrik langsung. Dengan demikian baterai yang sudah penuh akan tetap dalam keadaan penuh.

Baterai dirancang dengan pertimbangan mampu melakukan pengisian dan pengosongan sesering mungkin. Kualitas baterai justru ditentukan oleh jumlah pengisian dan pengosongan. Semakin baik baterai, semakin tinggi jumlah pengisian dan pengosongan yang dapat dilakukan tanpa mengalami penurunan kemampuan penyimpanan.

Jika mencapai jumlah pengisian dan pengosongan listrik baterai tertentu, maka baterai ini akan rusak. Itu sebabnya sebaiknya tetap dicolok jika laptop sedang dipergunakan, sehingga proses pengisian dan pengosongan tidak terjadi terus-menerus

Pergunakan baterai hanya sebagai cadangan bila bekerja di tempat yang tidak memiliki sumber listrik.

Lakukan Pengosongan Baterai.

Walaupun tips cara menghemat dan memperpanjang umur baterai laptop bagian awal di atas menganjurkan mengurangi frekuensi penggunaan baterai, pengosongan ternyata diperlukan. Batas pengosongan baterai sebaiknya dibatasi hingga 5%.

Batas tersebut dapat diatur pada opsi power plan pada bagian awal artikel ini. Tujuan pengosongan hingga 5% ini bertujuan untuk menghindari efek memori baterai agar tetap mampu melakukan discharge hingga level 5%.   Hal ini bertujuan menjaga umur baterai agar tidak soak dan kemampuan menyimpan baterai tetap optimal

Tips cara menghemat dan memperpanjang umur baterai laptop jika dilakukan secara bersamaan, dipastikan akan memberikan cadangan baterai yang lebih lama ketika diperlukan.

Baca Juga Artikel :

Author: Wikikomponen

1 thought on “Tips Cara Menghemat Dan Memperpanjang Umur Baterai Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *