Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin

Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin

WikiKomponen.comTips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin. Lemari es yang tidak dingin tidak selalu harus diperbaiki oleh teknisi. Terdapat beberapa kasus kulkas yang tidak dingin dapat diatasi sendiri sebelum menyerahkannya kepada ahlinya.

Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin

Masalah kulkas yang paling sering ditemukan antara lain:

  • Kulkas Tidak Dingin
  • Kulkas Berisik
  • Air Menetes

Kulkas Tidak Dingin

Kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Kemungkinanya antara lain kerusakan kompresor, kurangnya freon, kerusakan kipas, kipas tidak berfungsi maksimal.

Ads Metta3

Namun, sebelum memanggil teknisi, ada baiknya memastikan terlebih dahulu memastikan apakah kerusakan tersebut memang disebabkan oleh masalah tersebut di atas. Terdapat beberapa penyebab yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin yang dapat diatasi sendiri:

Lubang Angin Tertutup Bunga Es.

Periksa kondisi bunga Es sekitar lubang angin. Pada jenis kulkas baru yang menggunakan sistem no frost selalu menggunakan kipas untuk mengsirkulasikan udara dingin ke dalam ruangan pendingin. Namun, karena berbagai sebab, lubang angin dapat tertutup oleh bunga es. Akibatnya, kulkas menjadi tidak dingin.

Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin akibat lubang angin tertutup bunga es seperti gambar
Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin

Untuk mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan cara :

Pada Jenis No Frost

  • Lakukan defrost atau cukup matikan kulkas selama beberapa jam sebelum kembali dihidupkan.
  • Pastikan seluruh pintu terbuka dan semua bunga es di sekitar kipas hingga selang sudah cair.
  • Lap menggunakan kain pel kering hingga seluruh ruangan kulkas kering.
  • Hidupkan kembali kulkas.
  • Hindari menempatkan makanan tepat didepan kipas, sehingga mengganggu sirkulasi udara dingin ke dalam ruangan pendingin.

Pada Jenis Evaporator

  • Pada jenis kulkas yang menggunakan evaporator, bunga es yang terlalu tebal dapat mengurangi kemampuan kulkas untuk mendinginkan, sehingga kerja kulkas bertambah berat dan cenderung mengkonsumsi lebih banyak listrik. Matikan kulkas beberapa jam, dan lakukan seperti langkah di atas.

Freon Bocor Atau Habis

Jenis penyebab lain adalah karena freon habis atau bocor. Kondisi tersebut dapat diketahui dengan cara memegang bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan grill kulkas. Bagian ini merupakan bagian yang seharusnya panas karena panas freon akan dilepaskan di sini.

Jika bagian ini masih panas, berarti freon masih menyerap panas. Sedangkan jika tidak terasa hangat atau bahkan dingin, maka dapat dipastikan anda harus mengisi kembali freon.

Otomatis Kulkas Atau Thermostat Tidak Bekerja Maksimal

Saat otomatis kulkas di setel pada suhu tertentu, maka kulkas akan berhenti mendinginkan ruangan kulkas pada suhu yang relatif tinggi seperti yang di set. Cek kembali pengaturan temperatur apakah sudah layak atau sesuai.

Kipas Kulkas Mati

Penyebab lain yang menyebabkan kulkas tidak dingin adalah kipas sirkulasi. JIka kipas sirkulasi mati, maka dengan sendirinya sirkulasi udara dingin di dalam ruangan menjadi lambat dan kulkas menjadi tidak dingin.

Kompresor Kulkas Tidak Bekerja

Penyebab kompresor tidak bekerja pada kulkas dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Relay otomatis tidak bekerja
  • Kompresor rusak
  • Kapasitor Start kompresor rusak.

Dari ketiga hal tersebut di atas, yang harus dilakukan adalah mencoba memeriksa apakah kompresor bekerja. Caranya cukup mendengarkan bunyi kompresor atau merabanya. Kompresor akan terasa bergetar bila bekerja. Setel pada suhu sedang, kemudian tungguin hingga terjadi siklus hidup dan mati kompresor secara otomatis. Jika memang tidak terdapat bunyi kerja kompresor, barulah mencari penyebabnya.

Jenis Kerusakan Lain Dari Kulkas

Kulkas Berisik

Gangguan tersebut cukup banyak ditemukan. Kulkas yang mengeluarkan suara berisik tidak selalu berarti mengalami kerusakan. Cobalah untuk menyetel ketinggian kaki kulkas hingga sama rata untuk ke 4 kaki.

Saat ini kebanyakan kulkas telah dilengkapi dengan kaki yang dapat dilakukan penyetelan tersebut. Posisi kaki yang tidak sama tinggi dapat menyebabkan kompresor mengeluarkan bunyi yang lebih keras.

Jika kaki tidak dapat disetel, maka dapat juga dilakukan dengan mengganjalkan kardus atau koran di bawah kaki yang kurang tinggi.

Air Menetes Dari Kulkas

Kondisi demikian biasanya disebabkan oleh selang air yang tidak dapat mengalir dengan baik. Bisa disebabkan karena kulkas sering dibuka terlalu lama, sehingga terbentuk bunga es yang menyumbat di saluran pembuangan, kotoran, serta jumlah air yang harus dibuang terlalu banyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, lakukan pembersihan terhadap selang pembuangan air di belakang hingga ke bagian bawah kulkas.

Baca juga tips cara memperbaiki sendiri kulkas tidak dingin yang disebabkan oleh penyebab lain.

Author: Wikikomponen

17 thoughts on “Tips Cara Memperbaiki Sendiri Kulkas Tidak Dingin

    1. Biasanya bagian belakang tidak panas menunjukkan tidak ada sirkulasi freon. Hal ini dapat disebabkan oleh karena kebocoran atau terdapat pipa yang tersumbat. Segera lakukan perbaikan sebelum kompresor mengalami kerusakan akibat overheat.

  1. Mau tanya pa kulkas saya toshiba glacio 2 pintu sudah lama tidk dihidupkan.dan ketika mau dipakai lagi ternyata tidak dingin padahal kompresor menyala.trus saya coba ganti relay tapi tetep sama kira kira penyebabnya apa yh pa?terimakasih

    1. Sebaiknya cek dahulu isi freonnya. Ganti relay harus punya alasan yang kuat.

  2. Kulkas saya bocor dan sudah di tampal oleh teknisinya serta penggantian gas Veron,tapi dingin nya tidak maksimal dan air tidak mau membeku,tapi belakang kulkas terasa panas,kira apa salahnya?

    1. Sebaiknya hubungi kembali teknisi yang menangani kulkas tersebut. Bisa banyak kemungkinan. Untuk memeriksa sendiri kondisi kulkas, matikan kulkas hingga semua ruang kulkas cair Keringkan terutama ruang pembekuan. Seetelah itu, hidupkan kembali selama 5 menit. Perhatikan apakah bagian permukaan evaporator membeku secara merata. Jika tidak, sampaikan kepada teknisi yang menambal evaporatornya.

  3. Mohon infonya, klo kulkas mesin kompresornya nyala tapi tidak bisa dingin itu apa yg harus diperbaiki ya pak. Makasih

    1. Selama kompresinya ada dan freonnya ada, harusnya tetap dingin. Penyebab tidak dingin tidak hanya semata-mata di kompresor saja. Coba cek sirkulasi freonnya apakah tersumbat, cek thermostatnya hingga ke ruang pendinginnya seperti kipas, tertutup es, dll . Saya selalu anjurkan untuk tidak membuat perubahan permanen untuk pemula. Sebaiknya datang ke tukang service bila hal sederhana tidak bisa menyelesaikan masalah. Jangan bongkar-bongkar sendiri yang akhhirnya sebagai teknisi juga sulit mendeteksi kerusakan sebennarnya.

  4. Saya baru beli kulkas 1 pintu ,3 hari lalu merk aqua d190.
    Setelah 6 jam kulkas sampai baru saya colokan ,30menit kemudian baru saya isi kulkasnya.
    Anehnya frezer normal bisa beku tapi kebagian bawahnya dinginnya rendah bahkan engga dingin.
    Akhirnya box frezer saya lepas dan saya nga pake box frezer.
    Tapi tetap aja bagian bawahnya engga dingin.
    Kira2 ada masalah nga ya dengan kulkasnya??

    1. Untuk kulkas baru, sebaiknya tanyakan ke penjualnya. Mumpung masih garansi.

  5. Mohon info kebenaran.. saya punya kulkas es krim pake kipas hanya dingin tak beku lalu panggil tehnisi.. Lalu di isi gas freon dan tukar katup.. Namun hasilnya tak beku hanya dingin..panggil kembali.. Lalu tehnisi berdalih bahwa KOMPRESOR MODEL LAMA HARUS DIGANTI KARENA GAS KOMPRESOR LAMA TIDAK ADA DIPSARAN LAGI.. Pertanyaan apa benar info tehnisi tersebut?

    1. Untuk freon lama memang sudah banyak yang tidak diperjual belikan lagi dengan alasan merusak lingkungan. Bisa jadi terdapat perbedaan tekanan dan hal lainnya. Untuk memastikan, bisa coba dengan teknisi lain yang mungkin masih menyimpan freon yang cocok atau penggantinya.

  6. Evaporator kulkas saya ke tusuk dkit llu saya tambal..freon msih bagus panas tpi skarang kulkas nya jadi g dingin knpa y …
    Mohon pencerahan nya suhu

    1. Bila bagian belakang masih panas, dan bagian ruang pendinngin tidak dingin, kemungkianan tambalan telah menghambat beberapa bagian evaporator, sehingga sirkulasi freon terhambat. satu hal lagi, umumnya jika evaporator tertusuk, maka freon biasanya akan bocor dan berkurang, periksa kembali jumlah freon.

    1. Assalamu’alaikum…
      Kulkas saya LG eksprecool 1-pintu.
      Mau tanya kulksa saya frezer nya dingin tp bagian/ruangan yg lain tdk dingin, itu knpa y pak ??

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *