Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Cara Membungkus Sambungan Kabel Agar Aman

WikiKomponen.comTips Cara Membungkus Sambungan Kabel Agar Aman. Menyambung kabel listrik serta memasang isolasi perlu untuk menghindari terjadinya hubungan singkat pada masa mendatang akibat kualitas isolasi yang kurang baik maupun karena pengaruh cuaca yang membuat isolasi mengalami perubahan.

Isolasi yang sudah dipasang sebagai isolator untuk memisahkan kabel listrik pada bagian yang disambung seringkali karena waktu, usia dan cuaca mengalami perubahan seperti menjadi lengket, terbuka, lumer karena panas. Akibatnya jaringan listrik menjadi terbuka pada bagian sambungan. Hal ini sangat berbahaya dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Tips Cara Membungkus Sambungan Kabel Agar Aman

Tips Cara Membungkus Sambungan Kabel Agar Aman

Tips Cara Membungkus Sambungan Kabel Agar Aman

Karena pertimbangan tersebutlah, maka dalam menyambung kabel, perlu dilakukan beberapa teknik pencegahan, sehingga terhindar dari resiko kebakaran akibat cara penyambungan yang sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat.

Tips berikut berisi beberapa cara yang sangat ampuh untuk diterapkan saat menyambung kabel baik untuk keperluan internal wiring peralatan maupun untuk insatalasi listrik perumahan. Perhatikan tips berikut ini:

Memisahkan Titik Sambung Dengan Jarak Tertentu.

Saat menyambung kabel, sebaiknya titik sambung kedua kabel tidak berada pada posisi sejajar atau berdampingan. Guntinglah kedua kabel tersebut dengan panjang yang berbeda, sehingga kedua kabel tersebut walaupun tidak dibungukus tidak mungkin ketemu dan menyebabkan hubungan singkat. Berikan jarak sekitar 5 cm untuk setiap kabel yang disambung.

Walaupun tanpa dibungkus kedua kabel tersebut tidak akan mengalami hubungan singkat, teknisi harus diingatkan untuk tetap memasang isolasi khusus listrik untuk menghindari tersentuh ataupun pencegahan tambahan untuk menghilangkan resiko hubungan singkat.

Menggunakan Selongsong Kabel Atau Heatsrink Kabel.

Kelemahan dari isolasi kabel listrik adalah kualitas lemnya yang tidak permanen. Setelah mengalami perubahan atau perlakuan panas oleh cuaca, biasanya isolasi berubah menjadi lengket dan terbuka sendiri. Hal ini tentu akan sangat berbahaya.

Untuk memberikan antisipasi tambahan, dianjurkan menggunakan jenis selongsong susut yang bisa susut sendiri saat terkena panas. Selongsong tersebut dipasang di luar isolasi atau didalam isolasi untuk antisipasi tambahan. Dengan selongsong saja sebenarnya sudah cukup memadai untuk menutup sambungan kabel secara aman. Selain tips cara membungkus sambungan kabel agar aman, sebaiknya pelajari juga cara melilit sambungan konduktor agar benar-benar tersambung dan tidak menimbulkan percikan api.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *