Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Cara Kalibrasi Multi Tester Atau Avometer Analog

WikiKomponen.com Tips Cara Kalibrasi Multi Tester Atau Avometer Analog. Tester biasa perlu dilakukan penyetelan agar hasil pengukuran lebih tepat. Nilai pengukuran berubah bisa disebabkan oleh karena kondisi baterai atau per yang sudah berubah bentuk karena sering dipakai.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu terutama saat dipergunakan untuk mengukur tahanan atau resistansi maupun voltase peralatan.

Agar pengukuran tetap akurat, maka perlu dilakukan suatu usaha untuk mengembalikan nilai pengukuran, sehingga menunjukan posisi yang seharusnya sesuai dengan nilai yang paling mendekati.

Tips Cara Kalibrasi Multi Tester Atau Avometer Analog

Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengkalibrasi ulang peralatan dan alat ukur terutama dalam hal ini multi tester.

Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengganti Baterai Tester
  • Membersihkan , Mengganti Dan Mengencangkan Kembali Kontak Antara Lobang Probe Dengan Tester
  • Menyetel Ulang Posisi ~Ω ke posisi 0
  • Melakukan Kalibrasi Posisi Pengukuran

Mengganti Baterai Tester

Baterai yang sudah lemah menyebabkan tester mengalami kekurangan daya untuk menggerakan jarum. Hal ini karena magnet yang dipergunakan untuk menggerakan jarum tidak mampu lagi menggerakan jarum sesuai dengan kekuatan yang seharusnya diperoleh dari baterai yang normal.

Gantilah baterai dengan baterai standard sekali pakai yang lebih baik, sehingga hasil pengukuran lebih akurat dan tidak harus sering mengganti baterai.

Membersihkan , Mengganti Dan Mengencangkan Kembali Kontak Antara Lobang Probe Dengan Tester

Probe yang tertutup isolasi, lem, atau bahkan sudah rusak dan teroksidasi akan mengganggu pengukuran. Probe atau jarum test dapat dibeli secara terpisah di toko elektronik. Sehingga jika kondisi probe kembali maksimal.

Menyetel Ulang Posisi ~Ω

Posisi tersebut merupakan posisi dimana jarum tester belum bergerak sama sekali. Pada posisi ini terkadang tidak tepat, sehingga harus disetel menuju posisi ~.

Untuk menyetel posisi ~ dapat dilakukan dengan menyetel sebuah baut di tengah jarum tester atau sumbu putar tester.

Tips Cara Kalibrasi Multi Tester Atau Avometer Analog - Posisi potensio multitester

Tips Cara Kalibrasi Multi Tester Atau Avometer Analog

Melakukan Kalibrasi Posisi Pengukuran

Posisi pengukuran dapat berubah atau tidak tepat jika jarang di setel ulang. Untuk menyetel ulang, pergunakan resistor sebagai patokan. Dapat juga menghubungkan probe dengan posisi short.

Saat posisi probe di short, jarum harus menunjukan posisi 0. Jika tidak, maka posisi jarum ini harus di setel.

Tips cara kalibrasi Multi Tester atau avometer analog untuk hal ini dapat dilakukan dengan memutar tombol 0 adjust yang terletak disebelah kanan tester.

2 Comments

  1. Tria 08/11/2016 Reply
    • wikikomponen 13/12/2016

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *