Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

WikiKomponen.com – Tipe dan jenis konektor kabel data USB umum terdiri dari beraneka macam variasi sesuai penggunaan, ukuran dan kecepatan transfer data nya. Secara umum terdapat beberapa jenis kabel USB yang mudah ditemukan dipasaran. Setiap jenis kabel USB memiliki penggunaan dan aplikasi yang berbeda pada peralatan.

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

Berikut ini merupakan beberapa jenis konektor kabel USB :

Ads Metta3

Jenis USB AM/BM

Jenis kabel USB ini banyak dipergunakan pada perangkat printer yang dihubungkan ke komputer. Pada kedua ujung terdapat konektor tipe A dan konektor B pada ujung lainnya.

Jenis USB AM/AF

Kabel jenis ini banyak dipergunakan sebagai penyambung atau ekstention untuk menghubungkan peralatan yang terletak berjauhan. Umunya kabel USB hanya sekitar 1 meter hingga 1.5 meter. Dengan menggunakan kabel jenis ini, kabel USB dapat diperpanjang hingga beberapa meter.

Jenis ini terdiri dari jenis konektor A male dan A female pada ujung lainnya. Bentuk A Female merupakan jenis konektor yang banyak ditemui di peralatan laptop atau komputer.

Jenis USB AM/Mini

Beberapa jenis charger HP masih menggunakan model konektor USB tersebut. Selain itu, jenis external hardisk model USB Versi 2.0 juga menggunakan jenis konektor tersebut.

Jenis USB AM/Micro USB

Hampir semua jenis charger HP saat ini sudah menggunakan konektor jenis ini.

Jenis USB AM/Micro-B

Jenis ini merupakan generasi lebih lanjut untuk koneksi external hardisk. Kecepatan transfer data dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan generasi terdahulunya.

Selain untuk koneksi hard disk external, jenis ini juga banyak ditemukan pada smart phone high end. Khusus untuk HP, biasanya untuk pengecasan dapat digantikan dengan jenis Micro USB. Hal ini tidak berlaku untuk transfer data.

Jenis USB AM/USB C

Jenis ini jarang ditemukan pada peralatan yang beredar di pasaran. Umumnya jenis USB C dipergunakan pada peralatan HP merk tertentu.

Pin Out Konektor USB

Untuk susunan pin out pada konektor USB adalah sebagai berikut :

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

Tipe Dan Jenis Konektor Kabel Data USB Umum

Tipe fan jenis konektor kabel data USB umum sudah dirancang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Hampir tidak memungkinkan untuk mengganti atau memasang USB yang tidak sesuai dengan peralatan yang salah, sehingga lebih aman bagi peralatan.

Pengguna tidak perlu kuatir akan perbedaan pada output dan input kabel USB karena sudah memiliki standar posisi pin yang dirancang agar tidak tertukar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *