Teori Induksi Elektromagnetik

Jika kawat dililitkan menjadi koil, medan magnet akan sangat intensif dihasilkan medan magnet statis di sekitarnya membentuk elekromagnetik yang membentuk kutub Utara dan Selatan.

Teori Induksi Elektromagnetik Faraday Laws

Air Core Coil ( Coil Inti Udara )

Berdasarkan teori Induksi Elektromagnetik , Fluks magnet yang terbentuk di sekitar kumparan sebanding dengan jumlah arus yang mengalir dalam gulungan seperti yang ditunjukkan. Jika jumlah lilitan kawat dan jumlah lapisan kawat ditambah, maka lilitan pada koil yang sama dengan arus yang sama akan membentuk kekuatan medan magnet statis yang semakin besar.

Oleh karena itu, kekuatan medan magnet koil ditentukan oleh putaran ampere koil. Dengan lebih banyak putaran kawat di dalam koil, semakin besar kekuatan medan magnet statis di sekitarnya.

Sebaliiknya , jika kita menempatkan sebatang magnet sebagi inti dari coil, lalu kita menggerakan masuk dan kelar magnet melalui inti coil, maka akan terbentuk induksi ke dalam kumparan

Demikian juga, jika kita menyimpan magnet batang stasioner dan menggerakkan kumparan bolak-balik dalam medan magnet, arus listrik akan diinduksi dalam kumparan. Kemudian dengan menggerakkan kawat atau mengubah medan magnet kita dapat menginduksi tegangan dan arus di dalam koil .

Proses ini dikenal sebagai Induksi Elektromagnetik dan merupakan prinsip dasar pengoperasian transformator, motor dan generator.

Induksi Elektromagnetik ditemukan pada tahun 1830 oleh Michael Faraday. Micheal Faraday memperhatikan bahwa ketika ia memindahkan magnet permanen keluar masuki kumparan atau satu loop kawat itu diinduksi gaya gerak listrik ( ggl ) , arus akan dihasilkan oleh gaya gerak yang disebut tegangan tersebut.

Jadi apa yang ditemukan Michael Faraday adalah cara menghasilkan arus listrik di sirkuit dengan hanya menggunakan gaya medan magnet dan bukan baterai. Ini kemudian mengarah pada hukum yang sangat penting yang menghubungkan listrik dengan magnet, Hukum Faraday tentang Induksi Elektromagnetik.

Cara Kerja Induksi Elektromagnetik oleh Magnet Bergerak

Ketika magnet yang ditunjukkan di bawah ini digerakkan “ke arah” koil, penunjuk atau jarum Galvanometer, yang pada dasarnya merupakan pusat ammeter kumparan bergerak nol yang sangat sensitif, akan membelokkan menjauh dari posisi tengahnya dalam satu arah saja. Ketika magnet berhenti bergerak dan dipegang tidak bergerak sehubungan dengan kumparan, jarum galvanometer kembali ke nol karena tidak ada gerakan fisik medan magnet.

Demikian juga, ketika magnet dipindahkan “menjauh” dari koil ke arah lain, jarum galvanometer membelok ke arah yang berlawanan sehubungan dengan yang pertama menunjukkan perubahan polaritas. Kemudian dengan menggerakkan magnet bolak-balik ke arah kumparan, jarum galvanometer akan membelok

Demikian juga, jika magnet sekarang dipegang diam dan hanya koil bergerak ke arah atau menjauh dari magnet, jarum galvanometer juga akan membelok ke arah manapun. Akibat memindahkan kumparan atau loop kawat melalui medan magnet menginduksi tegangan pada kumparan dengan besarnya tegangan yang diinduksi ini sebanding dengan kecepatan atau kecepatan gerakan.

Kemudian kita dapat melihat bahwa semakin cepat pergerakan medan magnet, semakin besar ggl atau tegangan yang diinduksi dalam kumparan.

Agar hukum Faraday benar, harus ada “gerakan relatif” atau gerakan antara kumparan dan medan magnet dan sejenis medan magnet, koil atau keduanya bisa bergerak.


Hukum Induksi Faraday

Dari uraian di atas kita dapat mengatakan bahwa ada hubungan antara tegangan listrik dan medan magnet yang berubah yang oleh hukum terkenal Michael Faraday tentang induksi elektromagnetik menyatakan: “bahwa tegangan diinduksi dalam suatu rangkaian ketika gerakan relatif ada antara konduktor dan magnet. medan dan besarnya tegangan ini sebanding dengan laju perubahan fluks ”.

Dengan kata lain, Induksi Elektromagnetik adalah proses menggunakan medan magnet untuk menghasilkan tegangan, dan dalam sirkuit tertutup, arus.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *