Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium

Tabel class ketahanan suhu insulasi kawat email

WikiKomponen – Berbicara tentang Class insulasi A, B, F, N, H kawat enamel, berikut Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium lengkap dengan spesifikasi ketahanan suhu.

Tabel class ketahanan suhu insulasi kawat email

Jika sebelumnya kita sudah melihat pengelompokan kawat email berdasarkan pada material coating atau lapisan email pelapis kawat tembaga maupun aluminium, maka kali ini kita akan melihat dari segi berbeda.

Bahasan ini kita akan melihat pengelompokan berdasarkan class insulation atau klas suhu isolasinya.

Mungkin banyak yang pernah memperhatikan terdapat tulisan clas H, Class F pada label kawat. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Sistem isolasi kawat email tembaga maupun aluminium diklasifikasikan berdasarkan peringkat suhu maksimum yang mampu ditangani oleh kawat tersebut.

Agar lebih jelas, berikut ini kami melampirkan sebuah tabel sederhana. Berikut merupakan tabel yang menunjukan perbedaan setiap kelas atau class kawat enamel beserta spesifikasi suhunya.

Berbeda dengan pengelompokan berdasarkan material insulasi, pengelompokan di Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium lebih menekankan pada ketahanan suhu dari maksimum kawat.

Setiap class insulasi memiliki keunggulan tertentu. Tidak berarti bahwa ketahanan suhu yang lebih tinggi selalu lebih baik.

Banyak aplikasi yang memang mengharuskan penggunaan class insulasi suhu rendah dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti :

  • kelenturan
  • kemudahan dalam pekerjaan
  • ketebalan lapisan pelindung dan sebagainya.

Properti Ketahanan Suhu Kawat Enamel Class A

Kawat Class A dipergunakan untuk aplikasi dengan suhu 55C. Lapisan enamelnya sendiri mampu bertahan hingga suhu 105C. Jenis kawat ini kurang populer karena keterbatasan aplikasi. 

Jenis ini banyak dipergunakan pada coil pickup dan sensor head pada pembacaan data. 

 

Properti Ketahanan Suhu Kawat Enamel Class B

Kawat class B tidak banyak berbeda dengan suhu kawat enamel class A. Jenis kawat tersebut banyak dipergunakan pada sensor RFID dan coil elektronik sebagai filter frekuensi.

Suhu ketahanan kawat dapat mencapai 150 pada tipe tertentu. Namun umumnya kawat tersebut akan mengalami breakdown pada suhu 110 hingga 150C.

Kelebihan kawat tipe ini adalah mudah dalam pemakaian karena tidak perlu mengupas lapisan email, tetapi dapat langsung disorder dengan suhu timah.

Properti Ketahanan Suhu Kawat Enamel Class F

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *