Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium

WikiKomponen – Berbicara tentang Class insulasi A, B, F, N, H kawat enamel, berikut Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium lengkap dengan spesifikasi ketahanan suhu.

Tabel class ketahanan suhu insulasi kawat email

Jika sebelumnya kita sudah melihat pengelompokan kawat email berdasarkan pada material coating atau lapisan email pelapis kawat tembaga maupun aluminium, maka kali ini kita akan melihat dari segi berbeda.

Bahasan ini kita akan melihat pengelompokan berdasarkan class insulation atau klas suhu isolasinya.

Mungkin banyak yang pernah memperhatikan terdapat tulisan clas H, Class F pada label kawat. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Sistem isolasi kawat email tembaga maupun aluminium diklasifikasikan berdasarkan peringkat suhu maksimum yang mampu ditangani oleh kawat tersebut.

Agar lebih jelas, berikut ini kami melampirkan sebuah tabel sederhana. Berikut merupakan tabel yang menunjukan perbedaan setiap kelas atau class kawat enamel beserta spesifikasi suhunya.

Berbeda dengan pengelompokan berdasarkan material insulasi, pengelompokan di Tabel Class Insulasi Kawat Email Tembaga dan Aluminium lebih menekankan pada ketahanan suhu dari maksimum kawat.

Setiap class insulasi memiliki keunggulan tertentu. Tidak berarti bahwa ketahanan suhu yang lebih tinggi selalu lebih baik.

Banyak aplikasi yang memang mengharuskan penggunaan class insulasi suhu rendah dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti :

  • kelenturan
  • kemudahan dalam pekerjaan
  • ketebalan lapisan pelindung dan sebagainya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *