Tabel Cara Menentukan Titik Potong Frekuensi Coil Crossover

WikiKomponen.com – Tabel Cara Menentukan Titik Potong Frekuensi Coil Crossover. Jika sebelumnya sudah memiliki tabel sejenis, maka dalam artikel ini kita dapat mengetahui titik potong dari crossover melalui nilai induktor yang kita miliki. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi membeli induktor baru. Cukup hitung kembali besarnya kapasitor yang baru yang diperlukan sebagai pasanganya.

 Tabel Cara Menentukan Titik Potong Frekuensi Coil Crossover

Tabel Cara Menentukan Titik Potong Frekuensi Coil Crossover – Klik untuk memperbesar gambar

Tabel Cara Menentukan Titik Potong Frekuensi Coil Crossover

Tabel di atas berguna untuk menentukan titip potong dari crossover yang akan dibuat. Titik potong merupakan tahap pertama dalam merancang sebuah crossover. Suara yang sudah difilter dapat disalurkan pada frekuensi yang tepat ke subwoofer, woofer, midle , tweeter, serta super tweeter.

Ads Metta3

Untuk menentukan difrekuensi berapa akan dipotong, seorang perancang perlu mengetahui kemampuan tiap driver atau mengenal frekuensi suara yang dikehendaki.

Menentukan Nilai Komponen untuk Crossover

Nilai Induktor Crossover

Nilai sebuah induktor dapat diukur dengan LCR meter. Jika kita memiliki coil bekas yang akan dimanfaatkan, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui nilainya. Jika nilainya sudah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah mencocokan nilai induktor dengan titip potong crossover.

Jika tidak, maka dengan sendirinya harus dihitung terlebih dahulu jumlah lilitan untuk mendapatkan nilai lilitan yang dikehendaki sesuai dengan titik potong rancangan crossover.

Nilai Kapasitor Crossovver

Kapasitor berguna untuk membatasi frekuensi tinggi agar tidak masuk ke driver. Nilainya harus ditentukan terlebih dahulu sebagai pasangan dari nilai induktor pada bandpass. Nilai kapasitor yang tepat akan disajikan pada artikel tentang cara menentukan nilai kapasitor untuk crossover.

Dengan demikian, maka kita sudah dapat mencari pasangan kapasitor yang tepat, sehingga dapat menghasilkan karakteristik suara yang sesuai dengan selera.

Baca juga tentang :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *