Standarisasi Rating IP44 IP54 IP55 IP56 IP65 dan IP66

Foto peralatan dengan spesifikasi IP65

WikiKomponen – Standarisasi rating IP44 IP54 IP55 IP56 IP65 dan IP66 peralatan listrik dan elektronik merupakan kode proteksi atau spesifikasi standar keamanan yang ditujukan melindungi isi dari sebuah casing panel.

Berikut ini akan kami jelaskan arti dan persyaratan Rating IP dan target penerapan tersebut.

Foto peralatan dengan spesifikasi IP65

Standarisasi IP44

Angka pertama IP44 yakni 4 mempunyai arti perlindungan terhadap keamanan . Kontak dengan bagian arus maupun bagian bergerak yang membahayakan di dalam panel atau casing dengan alat,
kabel, atau benda berbahaya lain dengan ketebalan lebih besar dari 1mm.
Perlindungan terhadap masuknya
benda asing kecil yang solid
(diameter lebih besar dari 1mm)
tidak termasuk ventilasi kipas untuk sirkulasi dan lubang pembuangan.

Ads Metta3

Sedangkan angka 4 yang kedua memiliki arti aman dari cipratan air. Air dari segala arah tidak akan mengganggu kinerja peralatan di dalam casing atau panel.

Standarisasi IP54

Percikan air dari berbagai arah tidak akan mengganggu kerja peralatan atau tidak akan merusak peralatan.

Standararisasi IP55

Keamanan perlindungan menyeluruh keamanan terhadap bahaya sentuh atau kontak dengan bagian casing. Baik yang diam maupun yang bergerak seperti kipas dan motor.

Masuknya debu dan kotoran tidak sepenuhnya terlindungi, namun jumlah debu yang masuk tidak dipastikan tidak akan mengganggu kinerja peralatan .

Angka 5 pada standarisasi berarti anti air. Kondisi disemprotkan dari segala arah, sehingga peralatan aman dari kondisi air tersebut dan tetap bekerja dengan aman.

Standarisasi IP56

Angka 5 pada digit 1 di atas memiliki arti yang sama dengan IP55, sedangkan angka 6 pada digit ke dua mempunyai arti bahwa proteksi secara menyeluruh dari semprotan air ke segala arah dan aman terhadap kontak dengan air laut dan kondisi siraman yang ekstrim terhadap air laut. 

Kondisi casing biasanya dibatasi dengan karet atau silicon anti air. 

Standarisasi IP66

Peralatan tahan terhadap kondisi lingkungan berdebu. Memiliki perlindungan kepada pemakai terhadap bahaya bagian bergerak yang berada di dalam peralatan, sehingga aman bagi pengguna.

Sedangkan perlindungan terhadap air memiliki tingkat proteksi yang sama dengan IP56 . Kondisi ekstrim terhadap air dan air laut atau air garam sangat sudah diperkirakan aman.

Tabel Standarisasi Rating IP44 IP54 IP55 IP56 IP65 dan IP66

Tabel Standarisasi Rating IP44 IP54 IP55 IP56 IP65 dan IP66

Untuk kelas IP proteksi lain bisa lihat referensi lain seperti wikipedia berikut ini

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *