Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

WikiKomponen.com – Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC beserta daftar komponen ini berfungsi sebagai pengatur intensitas cahaya lampu taman, halogen, ruang tidur hingga daya 200 Watt dengan rentang voltase 110 volt hingga 220 volt.

Skema rangkaian tersebut menggunakan sebuah TRIAC sebagai komponen utama dengan cara mengatur bias Gate TRIAC menggunakan beberapa komponen sederhana.

Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

Skema rangkaian dimmer tersebut dirangkai menggunakan TRIAC dengan Tipe BT138 yang menggunakan DIAC Tipe BR100 dan sebuah potensio sebagai pengatur.

Ads Metta3
Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

Cara Kerja Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

TRIAC dalam komponen tersebut berfungsi sebagai supply akhir ke lampu dengan cara mengatur besarnya arus yang mengalir ke lampu melalui TRIAC.

Saat potensio mengalami perubahan nilai tahanan, maka besarnya intensitas akan turut berubah karena pengaturan gate oleh potensio dan DIAC yang mempengaruhi aliran TRIAC ke lampu.

Gate TRIAC akan terbuka dan tertutup seiring dengan besarnya voltase yang dialirkan ke gate. Semakin besar tegangan, maka TRIAC akan mengalirkan arus yang semakin besar menuju ke lampu.

Sebaliknya semakin kecil voltase yang dialirkan ke gate TRIAC, maka arus yang mengalir keluar dari TRIAC akan semakin kecil. Akibatnya, lampu akan semakin redup seperti yang diharapkan..

Daftar Komponen Rangkaian Dimmer Lampu 220 Volt Dengan TRIAC

Sebelum mulai membuat, persiapkan terlebih dahulu beberapa komponen tersebut agar proses pembuatan lancar. Komponen-komponen tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko komponen elektronik atau dibeli secara online.

  • Potensio 220KOhm
  • TRIAC Tipe BT138
  • Diac Tipe BR100
  • PCB Bolong-Bolong Minimal 4cm x 4 cm.
  • Kapasitor 100 nF minimal 275 Volt
  • Resistor 1 KOhm 1 Watt
  • Kabel Diameter 2.5 mm
  • Alat Solder
  • Timah 1 Meter

Rangkaian tersebut sangat sederhana, sehingga dapat dibuat oleh siapa saja secara mudah. Perlu diperhatikan bahwa arus yang mengalir pada bagian output merupakan arus AC yang cukup besar.

Saat melakukan pemasangan sebaiknya diperhatikan aturan keselamatan. Menyentuh bagian beraliran listrik dapat berbahaya bagi jiwa. Semoga “ Skema Cara Membuat Rangkaian Dimmer Lampu Dengan TRIAC “  dapat bermanfaat. Selamat mencoba.

 

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *