Sistem Produksi Plastik Dengan Metoda Ekstrusi

Metoda Produksi Plastik Dengan Ekstrusi

WikiKomponen.com – Sistem Produksi Plastik Dengan Metoda Ekstrusi. Berbeda dengan metoda produksi benda plastik lainnya, metoda tersebut termasuk yang metoda produksi plastik yang paling murah. Pada proses ini, tidak melibatkan moulding yang rumit seperti buka tutup cetakan dan proses pendinginan yang sangat rumit.

Sistem Produksi Plastik Dengan Metoda Ekstrusi
Sistem Produksi Plastik Dengan Metoda Ekstrusi

Sistem Produksi Plastik Dengan Metoda Ekstrusi

Metoda ini merupakan bagian dari mesin injeksi plastik. Seluruh proses mulai dari material memasuki hopper hingga material dipanaskan hingga titik lumer memiliki kesamaan.

Jika pada proses injeksi, plastik cair di injeksikan ke dalam cetakan melalui sebuah injektor, maka pada proses extrusi plastik tidak lagi dibentuk dalam moulding. Barang yang dicetak langsung dibentuk saat melalui injektor yang merupakan cetakan.

Ads Metta3

Bentuk hasil produksi akan mengikuti bentuk dari cetakan injektor. Sehingga injektor itu sendiri merupakan mouldingnya.

Aplikasi Metoda Ekstrusi Plastik

Metoda produksi ini banyak dipergunakan untuk menghasilkan benda yang berbentuk panjang dan sederhana seperti rotan, pipa, sedotan, selang serta berbagai profil yang memiliki bentuk sederhana dan memanjang. Umumnya hasil produksi akan langsung mengalami proses pendinginan melalui media air.

Sistem produksi plastik dengan metoda Ekstrusi juga banyak dipergunakan untuk proses daur ulang plastik.

Komponen Mesin Extruder

Extruder terdiri dari beberapa seperti yang terdapat pada komponen utama mesin injection. Ciri khas dari mesin extruder adalah terdapatnya sebuah konveyer panjang untuk mendinginkan hasil extrusi sebelum melalui bagian pemotongan. Bagian-bagian utama sebuah mesin extruder adalah :

  • Motor Penggerak Utama
  • Hopper
  • Screw
  • Elemen Pemanas
  • Profile Mould. Perbedaan ini merupakan ciri khas dari mesin extruder. Pada mesin extruder, bagian injektor langsung berupa sebuah moulding atau cetakan tanpa mekanisme buka tutup.
  • Konveyor. Bagian tersebut biasanya tidak terdapat pada mesin injection, kecuali konveyor pendek pada sistem otomatis. Konveyor pada mesin extruder lebih banyak berfungsi sebagai pendingin dan feeder untuk produk yang baru diextrude untuk dapat dipotong menurut panjang yang diharapkan.
  • Cutting Mechanism atau mesin potong

Sistem produksi plastik dengan metoda ekstrusi secara lengkap memiliki kesamaan dengan injection. Untuk lebih jelasnya dapat baca kembali secara lengkap pada sistem produksi benda plastik menggunakan metoda injeksi plastik.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *