Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Rumus Cara Menghitung Jumlah Lilitan Coil Crossover

WikiKomponen.com – Salah satu rumus yang sangat penting dalam merancang crossover adalah rumus cara menghitung jumlah lilitan Coil Crossover jenis Air Core. Frekuensi potong baik low pass maupun high pass filter dan nilai induktansi sangat erat hubungannya.

Karena itu, setelah mengetahui nilai induktansi yang diperlukan, maka saatnya merancang coil yang mampu memberikan induktansi yang sesuai, sehingga mampu memberikan nilai crossover point yang tepat untuk low pass filter.

Dengan adanya rumus perhitungan yang akurat, maka akan dengan mudah membuat coil yang mempunyai nilai yang tepat untuk dipasang sebagai low pass filter. Dengan rumus tersebut, maka jumlah gulungan akan dapat ditentukan.

Rumus Cara Menghitung Jumlah Lilitan Coil Crossover

Pada artikel sebelumnya telah disajikan sebuah tabel untuk menentukan jumlah lilitan dan nilai induktor dari sebuah coil. Dalam artikel kali ini kita akan melihat asal usul nilai tersebut dengan menggunakan rumus.

Namun, sebelum masuk ke rumus, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu beberapa tipe coil yang umum digunakan dalam audio.

Pada pembahasan kali ini, kita akan coba melihat terlebih dahulu tentang coil jenis Air Core yang merupakan primadona perancang audio.

Pembagian Jenis Coil

Coil secara umum dapat diketagorikan dalam beberapa jenis yaitu :

  • Air Core Coil
  • Iron Core Coil
  • Ferrite Core Coil

Kali ini yang akan dibahas adalah jenis pertama yakni jenis air core. Air core coil secara umum dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu single layer dan multi layer. Coil jenis ini merupakan jenis coil yang paling banyak dipergunakan untuk audio mengingat jenis coil ini mampu menghasilkan suara yang lebih natural.

Untuk menghitung nilai induktansi dan memperkirakan jumlah lilitan yang diperlukan, berikut ini merupakan rumus yang dapat dipergunakan.

Rumus Cara Menghitung Jumlah Lilitan Coil Crossover

Rumus Cara Menghitung Jumlah Lilitan Coil Crossover

Perlu diperhatikan bahwa keseluruhan rumus di atas menggunakan satuan inch. Untuk dapat merubah dalam satuan mm atau cm, silakan ikuti tabel konversi yang kami sediakan.

Rumus di atas tidak memasukan faktor seperti skin effect atau efek kulit pada kawat solid. Walaupun nilai atau pengaruh tidak terlalu besar, namun sangat dianjurkan untuk dapat menggunakan kawat Litz Wire jika bisa menemukannya.

Cara Menggulung Coil Crossover Air Core

Crossover Air Core atau inti udara tidak selalu harus hanya berupa coil tanpa bobin. Coil dengan bobin plastik juga termasuk jenis aircore. Tidak akan terlalu banyak perbedaan antara coil dengan bobin plastik dengan tanpa bobin. Jadi jangan terlalu kuatir.

Ini berarti coil ini dapat dibuat dengan menggunakan bekas bobin timah ataupun membeli bobin plastik yang banyak dijual di pasaran. Dengan adanya bobin plastik, maka pekerjaan menggulung coil crossover menjadi jauh lebih mudah.

Demikianlah rumus cara menghitung jumlah lilitan Coil Crossover jenis Air Core. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *