Resettable Fuse Sekering Reset

Gambar Resettable Fuse
Salah satu contoh foto Resettable Fuse Sekering Reset

Resettable fuse sekering reset atau recoverable fuse merupakan jenis sekering yang banyak dipergunakan pada peralatan yang memerlukan proteksi terhadap arus. Seperti umumnya sekering, jenis sekering ini juga berfungsi untuk memutus arus saat terjadi lonjakan. 

 

Fungsi Resettable Fuse atau Sekering Reset

Seperti disebutkan di atas. fungsi utama dari fuse jenis ini adalah untuk memutus arus. Saat arus melebihi batas yang ditentukan fuse, maka otomatis arus akan diputus. 

Ads Metta3

Perbedaannya dengan fuse arus umumnya adalah fuse jenis ini tidak rusak saat bekerja. Fuse ini akan kembali tersambung disaat arus peak menurun dibawah arus proteksi. 

Berbeda dengan jenis fuse umumnya yang sekali pakai. Dalam arti, bila arus lebih besar dari arus kerja, maka fuse akan langsung putus untuk melindungi peralatan. Namun fuse umumnnya harus diganti dengan fuse baru akan kembali mengantarkan arus. 

Kelebihan Fuse Resettable atau Recoverable Fuse

Kelebihan Fuse Resettable atau Recoverable Fuse terletak pada kemampuan tersambung kembali secara otomatis. Saat arus turun atau hilang, fuse akan kembali tersambung seperti fuse baru. Hal ini sangat menguntungkan karena tidak perlu melakukan pekerjaan pengganti sekering. 

Dari segi proteksi, fuse ini juga sering disertakan fitur penundaan dalam milisecond, sehingga lonjakan awal saat peralatan dinyalakan tidak langsung putus seperti halnya dengan fuse umumnya. 

Namun tidak berarti fuse ini tidak memiliki kelemahan. Fuse demikian biasanya memiliki harga yang lebih mahal dari fuse umumnya. Dengan demikian, fuse jenis ini sering kali dihindari penggunaannya pada peralatan dengan teknologi rendah atau peralatan murah. 

Resettable fuse sekering reset atau recoverable fuse sendiri lebih banyak dipergunakan pada peralatan high end yang memerlukan proteksi maksimal tanpa repot terus menerus mengganti fuse. 

Dalam penggunaannya , biasanya fuse tersebut dikombinasikan dengan komponen jenis lain seperti Varistor , thermistor agar bekerja dengan maksimal. 

Penggunaan komponen ini akan sangat membantu bila proteksi diperlukan, tetapi tidak menghendaki pergantian sparepart terlalu sering. 

Jenis fuse ini sendiri terdiri dari banyak tipe dan jenis dengan berbagai merk produsen. Silakan lihat juga  artikel berikutnya tentang thermalfuse jenis dan varian komponen teresebut. 

 

 

Share:

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.