Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

WikiKomponen.com Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo. Adaptor 12 volt DC dengan daya kecil dapat dibuat dibuat tanpa menggunakan trafo untuk keperluan tertentu. Walaupun daya yang dihasilkan tidak besar, rangkaian ini ternyata sangat berguna untuk keperluan tertentu.

Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

Rangkaian ini menggunakan arus langsung 220 volt sebagai sumbernya. Pada bagian input, akan dipasang sebuah pembatas arus untuk menghindari bahaya bila terjadi lonjakan listrik akibat hubungan singkat. Sedangkan regulator dilakukan dengan menggunakan sifat dasar dari dioda zener.

Komponen Yang Diperlukan

Untuk membuat rangkaian ini, diperlukan beberapa komponen antara lain:

Ads Metta3
  • Skring 200 mA 1 buah
  • Kapasitor x atau kapator AC 220 nF /400 Volt – 2.2 uF /400 Volt 1 buah
  • Dioda IN4004 sebanyak 4 buah
  • Resistor 100 Ohm 2 W
  • Kapasitor Elco 1000 uF / 25 Volt
  • Dioda Zener 1A 12 Volt
  • IC 7812 Optional 1 buah

Rangkaian Dasar Power Supply Tanpa Trafo

Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo
Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

Rangkaian di atas hanya merupakan rangkaian dasar. Penggunaan ic regulator untuk mengatur voltase dapat dilakukan pada bagian akhir power supply dengan menggunakan ic 7812 atau 7808 sesuai dengan voltase yang diinginkan.

Untuk elco yang dipergunakan sebaiknya minimal 25 volt. Namun jika sulit menemukan yang 25 volt, dapat menggunakan yang 16 volt atau 35 volt. Hindari menggunakan elco di bawah voltase zener.

Voltase zener tidak harus 12 volt. Dapat saja menggunakan 15 Volt atau voltase yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan.

Rangkaian regulator power supply tanpa trafo 12 volt di atas hanya sebagai contoh saja. Jangan lupa untuk memasang skring pemutus pada bagian input untuk menghindari bahaya sengatan listrik jika terjadi kebocoran pada rangkaian listrik menuju output akhir.

Author: Wikikomponen

12 thoughts on “Rangkaian Regulator Power Supply Tanpa Trafo

  1. Saya pakai DVD lg dv452
    Keluhan ketika dicokkan ke listrik DVD mya hidup mati,says ganti power supply Dari DVD sejenis hidup normal,to long Bantu cara perbaiki masalah power DVD saya bentar.tks

    1. Biasanya yang rusak pada power supply adalah transistor dan IC regulatornya. Coba bandingkan dulu voltase output dari power supply DVD. Jika sama, kemungkinan hanya elconya saja yang bocor. Namun jika terdapat vvoltase yang berbeda atau tidak keluar, maka cek mulai IC

    1. Tidak ada. Sama saja untuk daya kecil. Untuk keamanan, selalluu sertakan fuse pengaman

  2. Mas, maaf mau belajar.. ini arus yg keluar berapa amper, bila ingin 5 Amper 18 v bagaimana?. Terima kasih

  3. Bang kapasitor yang 2,2 uf/400v nggak ada di jual di tempat saya.. Kira2 bisa diganti dengan nilai berapa gang.. Buat nyalain 100bj led

    1. Dari keterangan yang sangat terbatas tersebut, kemungkinan anda menggunakan elco. kapasitor elektrolit memiliki polaritas, kemungkinan terbalik, sehingga meledak. Sedangkan keramic atau milar tidak ada polaritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *