Rangkaian Inverter Input 12 Volt DC Output 220 VAC 1000 Watt

WikiKomponen.com -Membuat rangkaian inverter input 12 volt DC output 220 VAC 1000 Watt untuk menghasilkan listrik dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah rangkaian inverter yang merubah listrik aki menjadi listrik AC.

Walaupun tidak menghasilkan gelombang sinus, inverter dapat bekerja dengan baik dan sangat membantu untuk memberikan listrik sebagai sumber listrik untuk menghidupkan lampu maupun peralatan elektronik sederhana.

Rangkaian Inverter Input 12 Volt DC Output 220 VAC 1000 Watt

Rangkaian Inverter banyak dipergunakan sebagai sumber listrik darurat dengan sumber listrik dari AKI. Kali ini kita akan mencoba untuk membuat rangkaian inverter menggunakan 5 pasang transistor yang disusun secara paralel untuk menghasilkan daya yang lebih besar.

Ads Metta3

Komponen Yang Diperlukan

Komponen utama yang diperlukan adalah 10 buah transistor 2N3055. Sedangkan komponen pendukung lainnya dapat dilihat lebih lanjut di sirkuit. Rangkaian tersebut dapat dimodifikasi sesuai keinginan besarnya watt dengan menambah jumlah transistor terpasang secara paralel.

Rangkaian Inverter 10 Transistor

Rangkaian Inverter Input 12 Volt DC Output 220 VAC 1000 Watt

Klik pada gambar agar dapat melihat lebih jelas ukuran komponen yang diperlukan. Jumlah transistor dapat ditambah tanpa batas. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah arus yang mengalir harus sangat besar. Hal ini menjadi keterbatasan dalam merancang watt yang lebih besar dikarenakan ketebalan jalur PCB tidak bisa menahan besar arus yang mengalir.

Tips Meningkatkan Daya Inverter

Merancang inverter dengan daya besar sangat terkendala dengan arus yang sangat besar. Untuk mengatasi tersebut, perancang dapat merubah voltase rancangan, sehingga dengan arus yang kecil dapat diperoleh daya yang lebih besar.

P=V. I. Dalam arti, jika tidak bisa memperbesar amper, maka kita dapat dengan mudah memperbesar voltase, sehingga total daya yang dapat dihasilkan dapat menjadi lebih besar.

Membeli rangkaian jadi yang banyak dijual di pasaran seperti tipe MK02 yang telah mampu menghasilkan arus dengan gelombang sinus. Daripada menghabiskan waktu dalam merancang, lebih baik menggunakan waktu untk meningkatkan efisiensi rangkaian kit atau modul jadi hingga diperoleh trafo yang sesuai pada akhir rangkaian.

Membuat rangkaian inverter input 12 volt DC output 220 VAC 1000 Watt jenis ini memerlukan aki dengan ukuran setara 45Ah dan sebuah trafo 40A dengan input ct 12 Volt untuk menghasilkan listrik hingga lebih dari 5 jam. Tanpa trafo yang mempunyai daya yang cukup, hasil yang diperoleh tidak akan baik.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *