Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik

WikiKomponen.com – Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik . Penghasil suara ultrasonik yang efektif mengusir tikus secara alami ini banyak dijual di toko dengan harga lumayan mahal. Tetapi sebenarnya alat yang ampuh mengusir tikus ini dapat dibuat sendiri dengan komponen yang cukup murah.

Kali ini kita akan coba membuat alat pengusir tikus yang menggunakan frekuensi ultrasonik sebagai suara pengganggu yang membuat tikus dan kecoa tidak nyaman. Jangan kuatir, peralatan ini 100% ramah lingkungan, tidak berisik, tidak beracun dan tidak mengganggu kesehatan manusia.

Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik

Cara Kerja Alat Pengusir Tikus

Suara dengan frekuensi ultrasonik hanya dapat didengar oleh serangga dan beberapa binatang. Sedangkan manusia tidak bisa mendengar suara dengan frekuensi tinggi tersebut. Dengan berlandaskan hal tersebut, maka dibuatlah peralatan ini untuk mengusik kenyamanan binatang pengerat dan serangga seperti tikus dan kecoa.

Ads Metta3

Saat peralatan tersebut dinyalakan, tikus dan kecoa akan merasa terganggu dan tidak nyaman tinggal di rumah yang dipasang peralatan pembangkit suara ultrasonik tersebut. Alat ini akan mulai berfungsi dan menunjukan hasil setelah beberapa hari pemakaian.

Cara Membuat Alat Pengusir Tikus

Rangkaian ini menggunakan 4 buah IC dan 4 buah transistor sebagai komponen aktif sebagai komponen utama. Sedangkan output frekuensi dari speaker dapat diatur melalui potensio.

Skema Rangkaian Alat Pengusir Tikus

Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik

Sumber : Ultrasound Repellent

Rangkaian ini dapat disetting pada berbagai frekuensi dengan mengatur potensio VR1 dan VR6. Rangkaian ini juga dapat langsung dihubungkan dengan tweeter tanpa melalui amplifer pada bagian akhir hanya dengan menghubungkan input tweeter ke kaki output IC CD4013 pada kaki Q. Frekuensi yang dihasilkan pada titik tersebut adalah 30-40Hz.

Pembuatan PCB Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik

Untuk pembuatan PCB Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik, cukup menggunakan PCB titik yang dihubungkan dengan menggunakan jumper atau kabel kecil.

Pemilihan Tweeter PCB Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik

Jenis tweeter yang dipergunakan Rangkaian Alat Pengusir Tikus Dan Kecoa Elektronik  haruslah yang tipe Piezo yang mampu menghasilkan frekuensi tinggi. Kesalahan memilih jenis tweeter membuat alat ini tidak berfungsi karena tidak mampu menghasilkan suara pada frekuensi yang diperlukan.

Rangkaian alat pengusir tikus dan kecoa elektronik ini dapat ditempatkan di mana saja di dalam ruangan yang sering di datangi oleh tikus maupun kecoa. Selamat mencoba.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *