Rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Putaran Motor AC Dengan Dimmer

WikiKomponen.com – Jika kita sebelumnya sudah mengenal rangkaian dimmer lampu, maka dalam pembahasan kali ini kita akan melihat lebih lanjut tentang fungsi dimmer yang dipergunakan sebagai rangkaian alat pengatur kecepatan putaran motor AC dengan dimmer yang dikenal dengan sebutan Motor Speed Controller. Modul ini fungsinya untuk pembatas arus heater, lampu, bahkan motor.Rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Putaran Motor AC Dengan Dimmer

Rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Putaran Motor AC Dengan Dimmer

Dengan PWM Controller buatan cina ini, kita dapat mengatur temperatur, kecepatan putaran motor AC, terang lampu ruangan dan sebagainya. Controller ini menggunakan TRIAC bi-directional yang memudahkan pengaturan arus hingga 16A. Selain itu, juga dapat membatasi arus agar tidak terjadi overload pada peralatan elemen.

Mudul tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur voltase arus antara 50 Volt hingga 220 Volt pada peralatan kecil seperti oven, pemanas air, penanak nasi, dimer lampu, motor AC kecil serta setrikaan.

Ads Metta3

Spesifikasi Rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Putaran Motor AC Dengan Dimmer

Modul tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut:
  • Voltage Input : 110 Volt AC ~ 250 Volt AC
  • Voltase Output: 50 Volt-250 Volt AC
  • Maximum output power: 2000 Watt. Agar dapat bekerja maksimal, sebaiknya mmenggunakan heatsink tambahan agar tidak terlalu panas.
  • Maximum output current : 16 Amper ( 16A )
  • Range Pengaturan: 50 Volt-250 Volt AC
  • Suhu optimal :-20-40C
  • Ukuran: Approx. 47 X 35 x 27mm
  • Umumnya tipe TRIAC yang digunakan: BTA16 600B
  • Cocok untuk motor dinamo.

Cara Penggunaan Rangkaian Alat Pengatur Kecepatan Putaran Motor AC Dengan Dimmer

Cara pemasangannya sangat mudah. Cukup menghubungkan 2 buah kabel input pada pin paling atas di gambar di atas dengan 2 buah pin kabel output.

Spesifikasi setiap modul dapat berbeda tata letaknya, perhatikan petunjuk pemakaian pada rakitan yang disertakan oleh penjualnya.

Perbedaan utama dari unit ini dengan dimmer lampu terletak pada kapasitas ampernya yang memungkinkan arus yang lebih besar untuk mengalir melaluinya. Kehadiran rangkaian alat pengatur kecepatan putaran motor AC dengan dimmer praktis mempermudah banyak pekerjaan yang selama ini memerlukan waktu kerja yang lebih lama.

Dengan rakitan ini, tidak lagi diperlukan keahlihan merakit rangkaian tersebut. Cukup beli dan langsung dipergunakan. Bahkan dengan sedikit modifikasi kit ini mampu menangani arus yang lebih besar. Namun jika anda ingin merakit sendiri dari awal, silakan klik di sini!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *