Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

WikiKomponen.com Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya. Power supply DC atau rangkaian Adaptor merupakan sebuah rangkaian yang untuk mengubah tegangan AC ke DC. Rangkaian ini bisa dijadikan sebagai pengganti aki atau batere. Umumnya peralatan elektronik menggunakan jenis arus DC karena dianggap lebih aman bagi penggunanya.

Adaptor mudah sekali ditemukan dalam peralatan elektronik seperti TV, Radio, Diskman, Amplifier, serta berbagai peralatan rumah tangga lainnya. Selain itu, rangkaian adaptor juga banyak dipergunkan pada peralatan kantor seperti laptop, kamera, dan peralatan kantor. Namun demikian, kali ini yang akan kita bahas adalah adaptor tape mobil saja.

Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

Dalam kesempatan ini, kita akan melihat rangkaian adaptor tape mobil dan cara membuatnya. Berikut ini juga disertakan komponen utama sebuah power supply atau adaptor untuk tape mobil. Adaptor tersebut tidak menggunakan regulator untuk mengatur tegangannya karena dianggap tidak terlalu diperlukan.

Ads Metta3

Rangkaian Adaptor Tape Mobil

Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya
Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

Rangkaian adaptor tape mobil tersebut cukup sederhana. Tidak diperlukan PCB untuk menyatukannya. Cukup langsung menyoldernya ke komponen, sehingga dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 5 menit. Pada bagian akhir, solderlah dua buah kabel sebagai output untuk disambungkan ke positif dan negatif tape mobil.

Komponen Yang Diperlukan Untuk Membuat Adaptor Tape Mobil

Dalam rangkaian adaptor sederhana ini terdapat bebepa bagian utama yang harus dibeli agar dapat menghasilkan sebuah adaptor yang lengkap dan baik. Bagian tersebut adalah :

  • Trafo
  • Dioda
  • Elco Atau Kapasitor
  • Casing Adaptor

Trafo Khusus Untuk Tape Mobil

Bagian tersebut sebaiknya dipesan khusus dari pembuat trafo. Pesanlah trafo dengan voltase 12 volt dan keluaran 13 volt sebagai cadangan. Tujuannya agar trafo yang dipergunakan tidak perlu terlalu besar, tetapi memiliki amper yang cukup besar untuk menghasilkan suara yang baik pada power mobil.

Saat ini sudah terdapat banyak perusahan penjual trafo dengan spesifikasi khusus yang menjual secara online. Pesanlah untuk membuat voltase sesuai yang diinginkan. Biasanya tape mobil dengan power mobil akan cukup menggunakan antara 10A hingga 50A dengan voltase 12 volt hingga 13 volt.

Ingat : Jangan memesan voltase yang lebih tinggi dari yang diperlukan, karena selain harga menjadi lebih mahal, biasanya voltase yang terlalu tinggi tidak diperlukan dan menjadi sia-sia.

Dioda Power Supply Tape Mobil

Belilah dioda jenis Bridge 25-100 Amper. Harga ukuran tersebut tidak terlalu mahal. Umumnya berkisar antara 5000-10000. Jangan menggunakan dioda yang pas-pasan dengan ukuran trafo. Hal ini dapat membahayakan rangkaian yang telah dibuat.

Elco Atau Kapasitor

Kapasitor yang diperlukan sekitar 10.000-40.000 uF. Voltase elco yang dipergunakan tidak perlu terlalu tinggi. Carilah yang berkisar 25 volt – 35 volt. Semakin tinggi voltase umumnya semakin mahal, namun tidak akan lebih baik dalam mempengaruhi kualitas suara.

Yang mempengaruhi kualitas suara adalah ukuran mikro dari elco. Jika sulit menemukan yang berukuran besar, dapat dilakukan dengan paralel kapasitor. Umumnya elco dengan volt kecil hanya memiliki kapasitas hingga 10.000 uF.

Casing Adaptor Tape Mobil

Casing merupakan bagian yang sangat penting karena akan membuat komponen di dalam adaptor tetap bersih dan bebas debu. Selain itu , casing juga dapat mencegah pemakai dari sengatan listrik.

Keuntungan Menggunakan Adaptor

Dengan menggunakan adaptor, tidak lagi perlu menggunakan aki yang sangat besar agar dapat menghidupkan tape mobil. Selain itu juga lebih hemat. Aki yang sering di charge ulang akan cenderung lebih cepat rusak dibandingkan dengan yang jarang. Lebih baik menggunakan aki untuk keperluan lain.

Selain itu, menggunakan adaptor atau power supply lebih awet karena tidak perlu dicharge ulang. Cukup sambungkan ke listrik, dan tape mobil akan menghasilkan listrik secara terus-menerus.

Rangkaian adaptor tape mobil dan cara membuatnya ternyata cukup mudah. Tidak diperlukan terlalu banyak komponen pengatur yang malah membuat adaptor tersebut tidak bisa maksimal. Power supply tape mobl tidak selalu harus terbuat dari trafo 0, tetapi juga dapat dibuat dari trafo yang memilkik center tap ( CT )Selamat mencoba. Baca juga artikel tentang cara membuat power supply tape mobil menggunakan trafo CT.

Baca Juga Artikel:

Author: Wikikomponen

37 thoughts on “Rangkaian Adaptor Tape Mobil Dan Cara Membuatnya

  1. Kak saya mw taya saya punya adaptor bekas tv. Apa bisa di pakek buat tape mobil. Terus suara ya jernih tidak

  2. Kalau adaptor buat tape mobil bisa di splitter atau buat 2 perangkat tidak ya ?
    Gambar rangkaiannya bagaimana ?
    Terimakasih

  3. Ampli mobil 350 watt, dan adaptor cctv 12v 30A. Langsung colok atau ada tambahan dioda/elco.
    Mohon pencerahannya mas..
    Terimakasih.

    1. Sebaiknya diperbesar ukuran elconya. Sayangnya tidak disebutkkan elco terpasang dalam power supply cctv saat ini.

  4. Selamat malam mas izin bertanya, saya memiliki adaptor bekas dengan spec 12V 3A, butuh ditambah apa dan bagaimana instalasinya agar bisa menyalakan tape mobil? terimakasih

    1. Jika arus AC, diperlukan tambahan dioda dan kapasitor elektrolit atau elco. Bisa ditemukan disemua toko komponen elektronik. Tapi 3A trafonya sangat pas-pasan untuk audio mobil. silakan dicoba hasilnya. Bila sudah DC tinggal sesuaikan dengan polaritas.

  5. Assalamualaikum om.! Maaf melenceng dikit..! mau tanya nih saya ada equalizer mobil bekas merek proline dan saya mau gabung kan ke speaker aktif rumah gimana caranya nya ya om..? Dan alat apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana cara pemasangan nya/jalur nya. mohon bantuannya nya Om.!

    1. Equaliser pasangnya antara pre-amp dengan power. Speaaker aktif biasanya sudah langsung tergabung dalam 1 papan, sehingga perlu mengerti memisahkan kedua jalur tersebut. Bukannya mustahil., tapi harus extra hati-hati sebelum memutus jalur dan menyambung kembbali.

  6. minta bantuanya mas, ini tape mobil dioda pengaman 5402 kebakar udah tk ganti terus tr b1565 2 biji juga udah tak ganti tapi kok masih gak bisa nyala ya?? apa mungkin tr smd ikut mati juga? terus gimana cara ngecek tr smd???

  7. Coba trafo yg 13v malah jadi 18,5VDC… jadi ragu2 dipasang takut ampli mobil dan tape mobil terbakar..

  8. Gan mau tanya, kemarin sudah beli trafo 12v dan lewat dioda tetapi waktu diukur 17volt DC… amankah??
    Memang ampli mobil sanggup maksimal berapa VDC? Terima kasih

    1. Jika ada input 240 pada trafo yang dibeli, pasang ke 240 inputnya, sehingga bisa diperoleh voltase yang lebih rendah dibagian output. Voltase sebelum dikasih beban bisa saja sedikit lebih tinggi setelah pemasangan ddioda dan elco. Setelah dikasih beban biasanya voltase akan drop mendekati 12

  9. Saya ada tape mobil pada arus masuk terdapat sekering 3 ampere, pertanyaan ; utk power supply sebaiknya travel yg digunakan berapa ampere, tolong komentarnya, trims

    1. mungkin power supply ” travel” yang anda maksud power supply jenis adaptor yang bisa dibawa-bawa untuk menggunakan listrik AC selain aki. JIka itu maksudnya, sebaiknya menggunakan adaptor yang memililki arus sekitar 3 sampai 5 A sudah mencukupi. Sekring tidak akan putus jika tape mobil dalam keadaan normal karena akan mengambil arus dibawah 3 amper. Jadi aman-aman saja. Skring hanya akan putus jika terjadi sesuatu di dalam tape, bukan besarnya power supply yang dipergunakan.

    1. Voltase pasti sebaiknya dicek di label yang tercetak di radio tersebut. Atau ceklah jumlah batere yang dipergunakan. 1 batere 1.5 volt.

    2. Kalau sambungan kabel ac dari pln disambungkan ke charge baterai radio apakah cepat rusak baterainya? Tnpa menggunakan adaptor?

  10. Halo Om, mau ikutan belajar tentang elektronik audio 🙂
    Saya ada ampli mobil max power tertulis 8000watt 4channel dan juga subwoofer 10inch, 10A, 600watt, 4+4ohms.
    Saya butuh power adator yang seperti apa untuk menyalakan ampli tersebut? Apa 12v 15A yang banyak dijual di pasaran sudah cukup? (Dilihat dari power source yang ada di ampli tertulis 12v)
    Klo saya baca2x artikel tentang ampli itu, power tiap channel nya @1500watt merk Audiobose ab-480.
    Mohon solusinya 🙂

    1. Dilihat dari segi power yang tercantum, wattnya cukup besar. Sayangnya tidak dijelaskan itu PMPO atau bukan. Berapapun watt yang sebenarnya, perlu dibuatkan power supply dengan amper yang lebih besar. Cobalah untuk membeli trafo dengan amper murni dengan amper yang lebih besar. Sebaiknya cari yang hanya memiliki output maksimum 12 volt saja. Volt yang tinnggi tidak terpakai. Anjuran saya pesan khusus agar mendapat amper yang murni.

  11. Agan,saya mau tanya,,,
    Kalau saya mau pasang tape ditruk hino yg arusnya 24 volt bagaimana caranya?
    Sedangkan tape yg saya beli arusnya 12volt,,,
    Itu rangkaian penurun arusnya bagaimana membuatnya agar tidak keluar biaya yg mahal(kurang dari 50rb biayanya)
    Mohon pencerahannya
    Terimakasih

    1. Di toko elektronik biasanya ada jual rakitan yang umum disebut inverter mobil dari 24 volt ke 12 volt atau sebaliknya. Harga berkisar 50.000 sampai 80.000

  12. mau tanya.kalau cara mengaplikasikan sub wofer rumahan ke mobil gimna cra nya bang.aq punya sub wofer politron 500 w.apakah accu mobil mampu.accu mobil 40 A

    1. Maaf mas saya sdh beli converter DCAC.dan DVD rumah..saya mo pasang d mobil..tp ko g bisayah..voltage trapo 25volt.DVD 15. Mnurut anda bagaimna

    2. Bisa diperjelas pertanyaannya? Mau pasang di mobil maksudnya DVD player rumah dipasang di mobil? DVD 15 maksudnya?

  13. maaf mas,saya ingin merangkai power supply itu untuk power amplifier mobil,kira” di antara dioda bridge itu menggunakan ct 12volt atau 12volt,lalu jika saya ingin merangkai di ct15v cocokny pake dioda dan elco ukuran brpa aja?

    1. Ukuran elco sangat relatif tergantung keperluan. sedangkan untuk dioda bride bisa menggunakan trafo 0-12 karena tinggal solder saja sesuai dengan petunjuk dioda yang terdiri dari 2 terminal ac ( tidak ada polaritas ) dan 2 terminal output + dan –

  14. halo mas,
    maaf kalo agak oot. mau nanya, bagaimana cara menyambung adaptor 12V DC ke rangkaian yang masukan listriknya gunain trafo CT.

    thx

  15. Selamat siang. Maaf saya tertarik untuk membuat Adaptor Tape mobil yang sangat sederhana itu. Tapi saya tdk tahu cara menyambungnya, takut salah sambung min plusnya. Mohon dijelaskan cara menyambungnya. Dan biaya kira2 habis berapa? Terima kasih p budy. 08564386128.

    1. Cara mengetahui polaritas atau plus minus dapat dilakukan dengan menggunakan multi tester pada tahap akhir perakitan. Jika untuk tape mobil, disarankan menggunakan dioda bridge. Pada dioda bride sudah tercantum + dan -, sehingga tinggal ikuti saja. Sambungkan kabel merah ke output dari jalur + dan hitam ke jalur yang menghubungkan – setelah melewati kapasitor elektrolit.
      Sambungkan ke mobil sesuai dengan polaritas tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *