Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

WikiKomponen.com – Terdapat bebarapa proses dan cara membuat lubang pcb standar industri dan manual yaitu CNC, bor, dan Punching. Pilihan metoda tersebut umumnya mempertimbangkan biaya, kecepatan, serta jumlah produkssi. Ketiga faktor ini membuat cara membuat lubang pada PCB dapat digolongkan menjadi beberapa macam.

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

Terdapat 3 metoda yang paling sering dan umum dipergunakan untuk membuat lubang pada PCB. Metoda tersebut yaitu :

  • Pengeboran Dengan Bor Manual
  • Pengeboran Dengan CNC
  • Pond Atau Punching

Pengeboran PCB Dengan Bor Manual

Cara tersebut banyak dipergunakan untuk membuat lubang PCB dalam skala kecil. Kecepatan metoda tersebut sangat lambat, sehingga hasil yang didapat biasanya tidak banyak. Cara tersebut cukup hemat untuk diterapkan pada pembuata prototipe maupun produksi skala industri rumahan.

Ads Metta3

Biasa cara membuat lubang dengan metoda tersebut menghasilkan lubang yang tidak seragam. Karena hal tersebut, pemasangan komponen tidak dapat dilakukan oleh mesin, tetapi harus dimasukan satu per satu dengan tangan.

Membuat Lubang PCB Dengan Pengeboran CNC

Cara tersebut merupakan cara modern yang menghasilkan lubang bor yang sangat presisi. Kelebihan dari cara tersebut adalah ketepatan lubang yang dibuat sangat seragam. Selain itu, cara tersebut juga dapat mencegah terjadinya kesalahan pengeboran atau ada yang terlewat.

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

Cara tersebut lebih banyak dikontrol oleh komputer, sehingga kemungkinan untuk salah pengerjaan atau lubang yang terlewat lebih kecil dibandingkan dengan cara manual.

Membuat Lubang PCB Dengan Punching

Metoda tersebut merupakan cara pembuatan PCB yang sering dikombinasikan dengan metoda di atas. Cara tersebut dipergunakan untuk menghasilkan lubang PCB dalam jumlah banyak. Cetakan yang dibuat terdiri dari jarum yang sudah disusun sesuai posisi masing-masing menurut posisi lubang pada PCB.

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

Proses Dan Cara Membuat Lubang PCB Standar Industri Dan Manual

Dengan sekali punching, seluruh lubang akan langsung terbentuk secara serentak. Cara tersebut hingga saat ini merupakan cara yang paling cepat dan ekonomis dalam proses pembuatan PCB.

Kelebihan dari cara tersebut adalah cepat, murah untuk jumlah rutin, serta control yang lebih mudah karena pemeriksaan lubang dapat dilakukan dengan inframerah.

Hasil dari lubang yang terbentuk juga lebih seragam dan sama karena sesuai dengan cetakan yang telah dibentuk sebelumnya. Proses dan cara membuat lubang PCB standar industri dan manual sering dipergunakan dan dipilih berdasarkan efisien tidaknya metoda tersebut dengan berbagai variabel sebagai pertimbagan biaya.

Kelemahannya adalah biaya pembuatan cetakan yang cukup mahal.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *