Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Prinsip Kerja AVR dan Fungsi Auto Voltage Regulator Generator

WikiKomponen.com – Selamat berjumpa kembali pada pembahasan seputar AVR Genset beserta prinsip kerja AVR dan fungsi auto voltage regulator generator beserta jenis dan tipenya.

Prinsip Kerja AVR dan Fungsi Auto Voltage Regulator Generator

Fungsi Auto Voltage Regulator Generator Atau AVR Genset  adalah untuk mengatur tegangan agar stabil agar generator tidak kelebihan beban atau menghasilkan voltase yang stabil ke dalam jaringan.

Dalam sebuah genset, AVR akan secara otomatis memberikan feedback ke Genset untuk menghasilakan voltase secara konstan melalui signal elektronik menuju unit.

Fungsi Auto Voltage Regulator Generator Atau AVR Genset

Pengatur voltase otomatis  ( AVR ) merupakan alat yang digunakan untuk memberi tegangan yang diatur ke dalam medan exciter generator, tergantung pada variasi voltase terminal (variasi beban).

Caranya adalah dengan membandingkan output dari trafo tegangan yang dikomparasi agar seimbang dengan tegangan termainal generator berdasarkan tegangan referensi dan kemudian menghasilkan sinyal kesalahan yang sama dengan perbedaannya untuk di feeding ke medan exciter. Makanya dengan cara ini kita bisa mengatur tegangan terminal generator.

Prinsip Kerja AVR Dan Fungsi Auto Voltage Regulator GeneratorHampir setiap merek generator memiliki rangkaian AVR nya sendiri. Akibat dari kebingungan ini, maka sangat penting untuk mempelajari tentang AVR, agar bila tidak bisa menemukan komponen yang sama persis,kita masih bisa menggunakan jenis lain sebagai pengganti dalam proses perbaikan.

Untuk dapat melakukan perbaikan menggunakan tipe AVR yang berbeda, maka adalah sangat penting memahami prinsip dasar dan cara kerja mesin AVR terlebih dahulu.

Untuk memastikan kerusakan AVR dan memastikan exciter masih berfungsi, terkadang kita memanfaatkan aki 12V untuk memancing medan exciter. Namun cara ini sangat tidak dianjurkan walaupun dalam prakteknya hal ini sangat membantu untuk mengisolasi kerusakan secara tepat.

Cara yang tepat adalah menggunakan AVR pengganti atau unit baru untuk memastikan tidak adanya kerusakan pada bagian lain selain AVR yang sering ditemukan pada kebanyakan kerusakan mesin Genset.

Jenis-Jenis AVR Generator

Secara umum, AVR terdiri dari 2 jenis peruntukan yakni :

  • Jenis untuk Sikat Arang
  • Jenis untuk tanpa sikat arang ( Brushless )

Walaupun tidak semua mesin menggunakan AVR atau hanya pada unit besar, namun pengetahuan tentang AVR akan sangat membantu dalam proses perbaikan. Baca juga artikel kami yang berkaitan dengan spesifikasi dan tipe-tipe AVR paling populer di Indonesia.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *