Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould

Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould

WikiKomponen.comPrinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould. Teknologi ini banyak dipergunakan pada pembuatan botol air mineral, botol sampo, serta berbagai botol plastik yang memerlukan kecepatan produksi. Dalam proses pembuatan blow mould juga melibatkan panas untuk melunakan plastik, tetapi dengan cara yang berbeda dengan injeksi plastik atau plastic injection.

Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould
Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould

Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould

Terdapat 2 jenis teknik produksi menggunakan blow mould untuk memproduksi botol plastik. Kedua sistem ini adalah :

  • Blow Moulding
  • Extrution Blow Moulding
  • Injection Blow Moulding

Blow Moulding

Blow Moulding merupakan bagian dari proses pengembangan parison menjadi produk akhir yang harus dilalui pada metoda produksi blow mould. Dalam blow moulding, pembentukan parison dilakukan pada mesin yang berbeda. Terlebih dahulu parison yang sudah dibuat dipasang pada sebuah cetakan dengan disertai memasukan pin yang akan meniupkan udara ke dalam parison atau bibit botol.

Ads Metta3

Setelah cetakan tertutup dan dipanaskan hingga suhu tertentu, parison akan ditiup seperti meniup balon udara. Bentuk botol akan mengikuti bentuk cetakan.

Setelah terbentuk botol, suhu udara akan menurun dan cetakan kembali dibuka untuk melepaskan hasil tiupan tersebut.

Kelebiha metoda blow mould adalah perusahaan tidak perlu langsung meniup parison menjadi botol dalam bentuk besar. Seluruh proses peniupan hanya dilakukan saat diperlukan. Sedangkan cadangan stock biasanya disimpan dalam bentuk parison yang setiap saat siap untuk ditiup dan dipergunakan.

Extrusion Blow Moulding

Pada metoda ini, pembuatan parison dan peniupan dilakukan dalam satu mesin. Setelah dilakukan extrusi ke dalam cetakan, parison akan langsung ditiup untuk dikembangkan tanpa didinginkan terlebih dahulu dalam satu tahap. Proses ini memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis metoda blow moulding.

Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould
Prinsip Dan Proses Cara Kerja Blow Mould

Namun, metoda ini hanya dapat dilakukan jika semua produk yang dihasilkan akan langsung dipindahkan dan dipergunakan karena akan memakan tempat lebih besar untuk penyimpanan hasil akhir. Biasanya jenis produksi ini juga diikuti oleh proses pengisian dalam satu lini produksi pada perusahaan yang memiliki kapasitar produksi rutin dan besar.

Injection Blow Moulding

Sebenarnya masih terdapat metoda lain untuk mengembangkan parison yang dikenal dengan Injection Blow Moulding. Metoda ini mirip dengan injection, namun pada metoda ini, terdapat tambahan tahap untuk mengembangkan parison dengan menggunakan udara. Selain itu juga metoda lain dalam Injection Blow Moulding yaitu Stretching Blow Mould. Namun metoda ini lebih diketagorikan sebagai proses tersendiri dari pada digolongkan sebagai blow mould.

Author: wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *