Prinsip dan Cara Kerja Thermostat Bimetal

Prinsip dan Cara Kerja Thermostat Bimetal

Wikikomponen – Jika sebelumnya sudah membahas panjang lebar tentang berbagai jenis Thermostat, maka dalam pembahasan kali ini kita akan lihat lebih dalam tentang Prinsip dan cara kerja Thermostat Bimetal.

Thermostat merupakan komponen yang dipergunakan untuk mengatur suhu sebuah alat sesuai dengan suhu yang diinginkan seperti pada kulkas, AC, pemanas, mesin pentetas telor ataupun sebagai proteksi peralatan elektronok. 

Pengertian Bimetal

Thermostat konvensional menggunakan sistem bimetal agar bisa berfungsi. 2 lebar strip metal tipis di tempel menjadi sebuah kesatuan, dan dijadikan sebagai penghubung arus dalam sebuah rangkaian. 

Ads Metta3

Saat kondisi normal, kedua metal yang disebut bimetal akan kontak dengan penghantar lain di sisi kontol. Namun saat bimetal mengalami pemanasan, maka kedua metal ini akan mengalami pemuaian.

Pemuaian yang berbeda antara kedua jenis metal akan menyebabkan logam tertarik ke arah logam yang pemuaiannya lebih besar.

Akibat pemuaian tersebut, bimetal akan menjauh dari terminal kontak yang tadinya menempel pada bimetal. Sehingga arus akan terputus. Sistem mengalami kondisi mati. Setelah suhu bimetal kembali ke normal, arus akan kembali megalir.

Kondisi hidup dan mati sebuah sistem dapat dirancang berdasarkan sifat thermostat bimetal tersebut.

Walaupun hanya merupakan sebuah saklar sederhanan, proses perancangannya ternyata tidak sederhana.

Banyak sekali perhitungan yang dilibatkan saat merancang thermostat antara lain jenis logam, koefisien muai , jarak titik kontak, kekuatan kontak dan sebagainya mesti dirancang sebelum mass produksi komoponen tersebut.

Cara Kerja Thermostat Bi Metal

  1. Bimetal mengalami pemanasan
  2. Bimetal menjauh dari terminal kontak
  3. Arus putus atau rangkaian kontol terpicu
  4. Suhu kembali ke kondisi awal
  5. Bimetal kembali terhubung
  6. Arus kembali mengalir.

Demikian siklus kerja sebuah thermostat bimetal. Agar lebih jelas, kami juga menyiapkan sebuah ilustrasi seperti yang ditunjukkan gambar di atas.

Prinsip dan Cara Kerja Thermostat Bimetal
Kondisi Thermostast saat belum bekerja

Dengan memperhatikan Prinsip dan cara kerja Thermostat Bimetal, kita dapat melihat bahwa thermostat merupakan komponen yang dapat dipergunakan terus-menerus karena kemampuannya untuk kembali ke kondisi awal.

Hal ini sangat berbeda dengan proteksi menggunakan thermofuse.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *