Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Pompa Air

WikiKomponen.comPrinsip dan cara kerja mesin pompa air. Beberapa merek pompa air seperti Sanyo, Danvos, Shimisu jenis rotari dan centrifugal baik semi maupun jet pump untuk sumur dalam dan dangkal masih mudah ditemukan di kota besar hingga daerah. Hal ini karena kemampuan perusahaan air minum untuk memenuhi kebutuhan air bersih hingga saat ini masih sangat memprihatinkan.

Bahkan di Ibu Kota pun sering kita dengar kejadian berhentinya aliran air yang menyebabkan gangguan aktifitas warga. Akibatnya, jenis pompa air tanah masih sangat populer dan memiliki pangsa pasar yang sangat besar.

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Pompa Air

Prinsip Kerja Pompa Air

Sebuah pompa bekerja dengan cara memindahkan sejumlah volume air melalui ruang suction menuju ke ruang outlet dengan menggunakan impeler, sehingga seluruh ruang udara terisi oleh air dan menimbulkan tekanan fluida untuk ditarik melalui dasar sumur menuju penampungan.

Ads Metta3

Cara Kerja Mesin Pompa Air

Air yang terdapat dalam ruang impeler akan digerakan menggunakan sebuah motor. Selama impeler tersebut berputar, air akan terus didorong keluar menuju ke pipa penyaluran atau outlet air.

Jenis Pompa Menurut Sistem Kerjanya

Mesin pompa air pada dasarnya terdiri dari 2 jenis dilihat dari cara kerja dan rancangannya. Jenis pompa tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pompa Sistem Rotari
  • Pompa Sistem Sentrifugal

Pompa Sistem Rotari

Pompa jenis ini memiliki impeler yang berputar untuk menimbulkan kekuatan tarikan, sehingga air yang dipindahkan akan mampu terus menerus menarik air dari dasar sumur untuk dialirkan menuju ke pipa outlet pompa.

Jenis pompa tersebut banyak dipergunakan pada pompa untuk kebutuhan rumah tangga. Hampir semua jenis pompa kecil menggunakan sistem kerja rotari.

Pompa Sistem Sentrifugal

Pompa jenis ini banyak dipergunakan pada peralatan marine atau kapal laut untuk membuang air dari dok secara cepat. Jenis pompa ini bekerja dengan kecepatan tinggi, sehingga volume air yang bergerak secara memutar dapat terlempar keluar dari outlet air.

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Pompa Air

Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Pompa Air

Bagian Bagian Pompa Air

Motor Utama Pompa Air

Bagian ini merupakan bagian utama dari sebuah pompa air. Dengan menggunakan motor tersebut, sebuah pompa baik yang jenis sentrafugal maupun rotari dapat berfungsi.

Valve

Bagian ini berfungsi untuk memisahkan bagian isap dan bagian pompa, sehingga terjadi perbedaan tekanan dan pemisahan air. Selain terdapat dalam ruang compresi mesin jenis tertentu, valve ini juga terdapat pada ujung pipa untuk menjaga agar ruangan pompa air terus terisi air dan tidak diisi oleh udara.

Valve juga dipergunakan untuk melakukan pengendalian terhadap tekanan pompa air agar terhindari dari kerusakan secara otomatis.

Valve tersebut umumnya dihubungkan dengan sebuah saklar pemutus arus atau relay. Jika output pompa air mengalami peningkatan tekanan hingga tekanan tertentu, valve atau membran tersebut akan terdorong ke atas dan memutus arus listri secara otomatis.

Saklar Otomatis Pompa Air

Bagian ini bertugas melindungi pompa dari kelebihan beban. Pada keadaan tertentu, air pada bagian output air akan tertutup atau memiliki beban yang sangat besar. Kondisi tersebut dapat menimbulkan kerusakan motor jika dibiarkan.

Untuk melindungi pompa dari kerusakan, terdapat sebuah saklar otomati pada semua jenis pompa air. Berikut merupakan contoh bentuk saklar atau relay pompa air yang banyak dipergunakan pada pompa jenis Sanyo.

Saklar Otomatis Pompa Air Sanyo -Prinsip Dan Cara Kerja Mesin Pompa Air

Saklar Otomatis Pompa Air Sanyo

Kapasitor

Terdapat sebuah kapasitor yang bertugas membantu start motor penggerak.

Tanki Penampung

Tangki penampung berfungsi untuk menampung air sementara waktu agar pompa tidak hidup dan mati setiap saat menghidupkan air di keran. Dengan menggunakan tangki penampung air, penggunaan listrik menjadi lebih hemat dan pompa juga menjadi lebih awet karena tidak terus menerus mengalami tekanan besar dalam waktu singkat.

Pemutus arus dapat juga dilakukan dengan menggunakan otomatis pada tangki air untuk mencegah air terlalu penuh serta menghidupkan kembali pompa saat air dalam tanggi turun hingga ketinggian tertentu.

Prinsip dan cara kerja mesin pompa air lebih kurang mirip dengan sebuah kompresor. Hanya saja pada pompa air tugasnya hanya memindahkan cairan saja tanpa melibatkan tekanan yang terlalu besar.

4 Comments

  1. dika 09/10/2018 Reply
    • wikikomponen 09/10/2018
  2. roland 29/12/2017 Reply

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *