Prinsip Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

WikiKomponen.comPrinsip Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air. Sebuah generator baik menggunakan uap air atau angin bertujuan untuk mengerakan propeler, sehingga mampu memutar generator pada kecepatan dan tenaga yang diperlukan untuk menghasilkan listrik.Iklan Generator Metta1

Bahkan pemanfaatan tenaga air laut yang saat ini telah mulai dimanfaatkan menggunakan prinsip kerja yang mirip dengan pembangkit listrik tenaga air.

Prinsip Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit listrik tenaga air saat ini semakin mudah diaplikasikan. Teknologi alternator yang semakin baik telah memungkinkan pemanfaatan tenaga air semakin berkesempatan untuk diaplikasikan.

Ads Metta3

Generator dan alternator berkapasitas besar saat ini telah banyak tersedia di pasar dengan berbagai ukuran kapasitas yang memungkinkan pemakai dan peneliti untuk dapat memilih secara leluasa.

Jika dilihat beberapa tahun ke belakang, maka saat pengembangan tenaga air, kendala terbesar adalah merancang dan memperoleh ukuran generator yang cukup sulit. Selain itu, harga generator untuk dipergunakan juga tidak lengkap dan berharga mahal.

Prinsip Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Prinsip Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pada gambar berikut ini dapat kita lihat skema sederhana mengenai prinsip kerja dari sebuah pembangkit listrik tenaga air.

Prinsip cara kerja pembangkit listrik tenaga air adalah memanfaatkan tenaga potensial air yang dihimpun melalui pembuatan bendungan, sehingga kekuatan air untuk menggerakan turbin atau propeler semakin terhimpun dan besar.

Masa air yang besar akan dialirkan melalui sebuah kanal, celah ataupun ketinggian tertentu untuk memutar propeller.

Propeller yang berputar kemudian akan disambungkan ke sebuah gearbox yang kemudian akan diteruskan ke generator atau alternator.

Listrik yang dihasilkan oleh generator akan diproses dan di stabilkan untuk disalurkan ke dalam grid atau jaringan listrik untuk disalurkan ke pemakai akhir.

Prinsip cara kerja pembangkit listrik tenaga air sangat potensial untuk dikembangkan mengingat potensinya yang sangat besar. Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang terdapat banyak sekali sumber seperti tenaga air sungai, tenaga air laut.

Hal ini bila dimanfaatkan, maka akan merupakan sumber tenaga listrik cukup besar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik nusantara. Kekurangan pasokan listrik yang selama ini terjadi di berbagai daerah akan segera dapat diatasi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *