Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM

Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM

WikiKomponen.comPrinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM maupun AM memiliki ciri-ciri tidak terhubung dengan kabel antara mic dan amplifier. Kesamaan berbagai mic wireless yakni mic yang menggunakan gelombang radio untuk menyampaikan sinyal suara ke amplifier. Dari segi fungsinya, baik mic menggunakan kabel maupun mic wireless tidak terdapat perbedaan.

Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM
Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM

Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM

Sebuah mic wireless terdiri dari sebuah transmiter yang bekerja pada frekuensi radio yang dipasang pada ekor mic dengan menggunakan sebuah batere 9 volt sebagai supply powernya. Dalam wireless transmiter tersebut, terdapat rangkaian komponen elektronik yang dirancang untuk memancarkan gelombang suara pada frekuensi tertentu.

Sedangkan pada bagian amplifier atau mixer, terdapat sebuah rangkaian penerima atau receiver yang berguna untuk menangkap signal radio yang dipancarkan oleh transmiter pada mic. Kedua frekuensi baik receiver maupun transmiter harus berada pada frekuensi yang sama untuk dapat memancarakan dan menerima gelombang suara tersebut.

Ads Metta3

Kelebihan Mic Wireless

Mic wireless dirancang dengan tujuan untuk memudahkan pergerakan pemakai mic. Mic wireless tidak menggunakan kabel, sehingga pemakai mic dapat bergerak kemana saja dengan leluasa tanpa terkendala panjang kabel.

Rancangan mic wireless dengan tipe yang berukuran kecil juga memberikan keuntungan dari sisi penampilan maupun keleluasaan. Pemakai mic tidak lagi perlu memegang mic, tetapi dapat fokus pada hal-hal yang dilakukan dengan menggunakan mic yang terpasang pada kancing maupun tempat-tempat yang tidak kelihatan dan mengganggu pekerjaan.

Kelemahan Mic Wireless

  • Mic wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan gelombang suara. Hal ini juga merupakan salah satu kelemahan mic karena terdapat kemungkinan terjadinya gangguan pada frekuensi tertentu yang menyebabkan mic mengalami gangguan.
  • Rancangan mic yang tidak terlalu baik juga dapat menyebabkan feedback dan distorsi pada mic. Sehingga kualitas suara dapat mengalami penurunan.
  • Mic wireless lebih boros karena menggunakan batere sebagai sumber listrik untuk unit transmiter.

Prinsip cara kerja mic wireless UHF VHF dan FM maupun AM tidak jauh berbeda dengan pemancar radio pada umumnya. Hanya saja jangkauan dan lingkup penerimaan lebih kecil dan lebih sempit dibandingkan dengan pemancara radio yang dapat mencapai radius hingga puluhan kilometer.

Author: Wikikomponen

2 thoughts on “Prinsip Cara Kerja Mic Wireless UHF VHF Dan FM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.