Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Prinsip Cara Kerja Bagian Utama Mesin Pon Progresif

WikiKomponen.com – Prinsip Cara Kerja Bagian Utama Mesin Pon Progresif. Mesin pon atau pond automatis progresive bekerja secara terintegrasi mulai dari proses awal hingga akhir proses tanpa melibatkan operator.

Prinsip Cara Kerja Bagian Utama Mesin Pon Progresif

Sebuah mesin progresif pada prinsipnya terdiri dari 3 bagian utama yaitu material feeder atau pensuplay material atau bahan baku berupa plat yang akan di potong. Bagian ini sepenuhnya dilakukan oleh sebuah feeder yang mirip dengan rewinder.

Tujuanya adalah menyalurkan material secara stabil ke dalam mesin, sehingga hasil pemotongan akan berjalan secara teratur dalam waktu yang teratur tanpa terjadi waktu tunda akibat konsentrasi manusia.

Ads Metta3

Bagian Feeder Material Mesin Progresif

Bagian ini merupakan bagian yang tidak dimiliki oleh mesin pon konvensional pada umumnya. Bahan biasanya dimasukan oleh operator secara manual oleh operator pada mesin konvensional. Namun, pada mesin jenis ini, konsentrasi dan keahlihan operator tidak lagi diperlukan.

Prinsip Cara Kerja Bagian Utama Mesin Pon Progresif

Prinsip Cara Kerja Bagian Utama Mesin Pon Progresif

Ketepatan penempatan material dilakukan oleh mesin melalui sebuah got yang mengarahkan material tepat pada posisi yang presisi, sehingga material akan menempati posisi yang tepat untuk dipon.

Mesin Pon Progresif

Mesin pon jenis ini memiliki tinggi stroke yang dapat diatur, sehingga kecepatan reciprocating dapat diatur dari panel pengaturan. Semakin kecil tinggi stroke, maka kecepatan mesin semakin cepat, sehingga mampu menghasilkan produk dengan jumlah yang lebih banyak.

Bagian Rewinder Mesin Progresif

Bagian tersebut umumnya dipergunakan untuk menggulung kembali sisa material dari hasil pemotongan. Bagian tersebut juga merupakan bagian yang menarik material agar tidak tertumpuk di samping mesin.

Selain sebagai rewinder material sisa, bagian ini juga dapat dipergunakan untuk menggulung hasil produksi dalam bentuk reel. Salah satu contoh hasil produksi yang menggunakan rewinder tersebut untuk mengumpulkan material adalah pada produksi terminal elektronik.

Seluruh hasil digulung dalam bentuk reel untuk dipergunakan oleh industri elektronik secara otomasi pada proses pemasanan terminal kabel.

Prinsip cara kerja bagian utama mesin pon progresif jauh lebih efisien dari pada proses pada jenis konvensional. Terdapat beberapa keuntungan dan kelebihan dengan menggunakan proses progresif. Keuntungan tersebut dapat dilihat pada bagian lain dari artikel ini. Pilihlah investasi yang tepat sebelum memutuskan untuk membeli mesin lebih lanjut.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *