Potensio Wire Wound

Bagian-bagian Potensio Wire Wound

Potensio Wire Wound atau wire wound potensiometer atau potensio jenis kawat merupakan jenis potensio dengan daya besar yang terbuat dari lilitan kawat pada sebuah inti isolator untuk membentuk variable resistansi sesuai dengan titik kontak yang terjadi sepanjang lilitan.

Konstruksi Potensio Wire Wound

Lilitan coil direkatkan menggunakan jenis perekat tertentu dan membentuk permukaan sentuh dengan pengantar penentu tahanan .

Bagian-bagian Potensio Wire Wound

Bagian yang bersentuhan sengaja di rancang terbuka, sehingga saat terjadi kontak dengan tuas penentu tegangan akan terbentuk besar tahanan sesuai titik kontak. Besarnya tahanan berubah berbanding lurus dengan panjangnya lilitan atau banyaknya lilitan. Semakin panjang lilitan titik sentuh, semakin besar tahanan yang akan terbentuk.

Ads Metta3

Jenis Wire Wound Potensiometer didasarkan pada prinsip peningkatan besaran ohm sebanding dengan perpindahan titik kontak antara tuas tahanan dengan jumlah lilitan yang sedang bersentuhan secara linear.

Khusus untuk jenis potensio putar, resolusi tahanan dapat digambarakan dengan rumus berikut ini: R=360×10-3/Phi*N*D

Foto Contoh Potensio Wire Wound
Salah satu contoh potensi jenis Wire Wound yang banyak beredar di pasaran

Dimana D merupakan diameter dari potensiometer dalam meter. Sedangkan N adalah jumlah lilitan per mm. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi resolusi yang diharapkan, semakin halus kawat diperlukan untuk memperoleh jumlah lilitan lebih banyak agar mendapatkan nilai tahanan yang diharapkan.

Jenis bahan yang dipergunakan untuk melilit potensio jenis ini adalah Niklin, palladium , atau logam lain yang memiliki tahanan dalam kawat yang sangat tinggi.

Untuk menghindari terjadinya oksidasi selama pemakaian, kawat tersebut umumnya di lakukan proses pelapisan agar dapat bertahan dari oksidasi dan gesekan. Sedangkan tuas kontak umumnya dapat dibikin dengan carbon brush, aluminium, tembaga atau jenis campuran lainnya dengan berbagai pertimbangan.

Kelebihan Wire Wound Potensiometer

High Power atau Arus Lebih Besar

Dengan menggukan jenis kawat, maka besarnya amper atau watt potensi menjadi lebih besar. Dibandingkan dengan jenis potensio carbon film atau printing, jenis potensio ini merupakan pilihan ideal untuk watt yang besar dalam pengaturan berbagai macamperalatan.

Tahan Panas atau Heat Tolerance Ability

Karena menggunakan kawat niklin, maka jenis potensiometer Wire Wound menjadi sangat tahan terhadap suhu tinggi walau bekerja dalam keadaan pijar. Hal ini tidak mungkin didapatkan pada jenis potensio lain.

Durability atau Ketahanan

Jenis Potensio Wire Wound dapat diputar jutaan kali selama pemakaian. Jenis kawat yang diguankan memungkinkan pemakaian untuk jangka waktu lama tanpa mengalami kerusakan karena aus atau berbagai alasan.

Low Noise

Karena terbuat dari lilitan, maka tekanan yang pas memungkinkan potensio Wire Wound dapat bekerja sempurna dengan titik kontak yang rapat dan tanpa terjadi aus pada bagian jalur tahanan seperti pada jenis print.

Untuk mamahami lebih lanjut tentang jenis potensio lain yang ada dipasaran, bisa kunjungi pembahasan kami lainnya antara lain di Potensio Plastik Konduktor Sensor Sudut Presisi WDD35D CPP45B. atau referensi tentang potensio di salah satu laman berikut.

Author: Wikikomponen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.