Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perlengkapan Keselamatan Kerja Tukang Las Atau Bagian Pengelasan

WikiKomponen.comPerlengkapan Keselamatan Kerja Tukang Las Atau Bagian Pengelasan. Cara penggunaan las dan peralatan pelindung perlu diketahui untuk menghindari bahaya dan cedera yang mungkin merugikan bagi pekerja las. Seharusnya setiap karyawan yang bertugas dalam melakukan pengelasan dibekali dengan peralatan keselamatan. Hal ini mengingat resiko cedera pada petugas pengelasan cukup tinggi.

Perlengkapan Keselamatan Kerja Tukang Las Atau Bagian Pengelasan

Perlengkapan Keselamatan Kerja Tukang Las Atau Bagian Pengelasan

Perlengkapan Keselamatan Kerja Tukang Las Atau Bagian Pengelasan

Pada proses pengelasan benda kerja, terdapat beberapa peralatan keselamatan yang harus dipergunakan sesuai dengan petunjuk keselamatan kerja. Peralatan keselamatan yang dimaksuk antara lain:

Ads Metta3

Kaca Mata Las

Kaca mata las bertujuan untuk melindungi cedera mata akibat percikan api dan gram besi yang sedang dikerjakan. Bagian mata sangat rawan terhadap resiko kerusakan cornea mata akibat percikan yang mengenai mata.

Selain itu, kaca mata bertujuan untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata akibat pijar api las yang memiliki intensitas cahaya yang sangat tinggi. Selain merusak mata, cahaya las juga sangat mengganggu kemampuan mata untuk melihat hasil pengelasan.

Kaca mata yang dipergunakan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tahan lama selama pemakaian, kebiasaan tersebut dapat terus menerus ditumbuhkan. Tidak hanya saat awal pembelian paralatan keselamatan .

Masker Pelindung

Masker bertujuan untuk melindungi bagian paru-paru pekerja dari terhirupnya gas selama melakukan pengelasan. Penggunaan peralatan keselamatan ini sangat penting mengingat gas yang dihasilkan dapat mengganggu kesehatan jika terhirup langsung.

Pakaian Keselamatan

Pakaian tersebut bertujuan untuk melindungin percikan api yang timbul selama pengelasan yang berpotensi melukai kulit maupun menimbulkan kebakaran pada pakaian biasa. Pakaian keselamatan memiliki persyaratan yang harus dipenuhi berupa bahan tahan api yang dapat terhidar dari pembakaran jika terkena percikan api las.

Sarung Tangan

Sarung tangan termasuk salah satu persyaratan keselamatan yang harus diperhatikan mengingat bagian tersebut merupakan bagian yang paling dekat dengan titik pengelasan. Percikan api, bahaya panas benda kerjaa dan peralatan serta bahaya listrik termasuk salah satu yang harus dicegah dengan menggunakan peralatan ini.

Sepatu Keselamatan

Safety Shoe atau sepatu keselamatan bertujuan untuk melindungi kaki dan jari dari bahaya kejatuhan benda kerja yang berpotensi melukai jari maupun kaki.

Selain itu, sepatu tersebut juga berfungsi untuk mengantisipasi kontak langsung benda panas, kimia, serta bahaya yang berada dilantai seperti gram tajam dan gram baja selama melakukan pekerjaan.

Perlengkapan keselamatan kerja tukang las atau bagian pengelasan mungkin terlihat sederhana. Namun dengan menggunakan perlatan kesematan ternyata dapat menekan jumlah kecelakaan kerja dengan siginifikan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *