Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Tipe Kawat Email UEW PEW EIW dan AIW

Seringkali saat ingin membeli kawat email atau kawat enamel, kita dihadapkan dengan berbagai pilihan. Lalu apa perbedaan tipe kawat Email UEW, PEW, EIW, dan AIW ditinjau dari segi spesifikasinya ? Bahan pembuatnya, serta ketahanan suhunya ? Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan Tipe Kawat Email UEW PEW EIW dan AIW

Kawat Enameled atau Email Tipe UEW

Polyurethane Enamel Wire dengan kode UEW merupakan kawat tembaga yang menggunakan material pelapis berupa bahan Polyurethane .

Material Polyurethan memiliki ketahanan suhu antara 90°C hingga 155C. Lebih tepatnya, jenis ini diproduksi dalam 3 jenis dengan varian 90C, 130°C and 155°C.

Kawat ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dari segi diameter, yakni mulai 0.05 hingga 1mm.

Lapisan dengan bahan tersebut dapat disolder dengan menggunakan peralatan solder tanpa harus dikupas terlebih dahulu.

Ads Metta3

Aplikasi Kawat Enamel UEW

Jenis kawat ini biasanya dipergunakan pada peralatan seperti Trafo, meter, peralatan komunikasi, elektronik, dan coil crossover.

Lapisan coating yang mudah terlepas dari kawat jika diaplikasikan dengan suhu kupas membuat jenis kawat ini sangat populer untuk ukuran kawat berdiameter kecil.

Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe PEW

Kawat jenis Polyester Enamel Wire atau PEW merupakan tipe kawat yang pelapisannya menggunakan bahan polyester dengan ketahanan suhu hingga 155C.

Kawat jenis ini diproduksi dengan diameter antara 0.08 hingga 2mm.

Aplikasi Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe PEW

Kawat PEW banyak dipergunakan untuk belitan pada motor listrik seperti kompresor, pompa air, motor blender, motor mixer, serta kipas angin.

Hampir semua peralatan rumah tangga menggunakan jenis kawat ini.

Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe EIW

Kawat enameld Polyester Imide merupakan jenis yang mampu menahan suhu hingga mencapai 180C. Kawat jenis ini diproduksi untuk ukuran mulai dari 0.1mm hingga 2mm.

Aplikasi Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe EIW


Jenis kawat ini banyak dipergunakan untuk motor industri seperti motor blower, motor penggerak mesin, serta berbagai motor dengan beban besar,

Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe AIW

Kawat jenis Polyamide Imide yang sering disebut AIW atau EAIW merupakan jenis kawat dengan ketahanan suhu hingga 220C. Diameter kawat biasanya mulai diproduksi dari ukuran 0.30 hingga 4mm.

Aplikasi Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe AIW

Jenis kawat ini banyak dipergunakan pada motor listrik dan trafo. Motor seperti dinamo dan pompa air juga banyak menggunakan tipe ini. Penggunaan lainnya adalah pada trafo ukuran kecil hingga sedang.

Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe SB UEW

Kawat Self Bonding menggunakan bahan Polyurethane dan sering dikenal dengan kawat SBUEW atau SPF.

Jenis kawat ini mampu menangani suhu mulai 90c hingga 130C. Biasanya jenis kawat ini banyak dipergunakan pada pembuatan coil RFID dan peralatan komunikasi. Card reader merupakan salah satu produk modern yang banyak menggunakan kawat jenis ini.

Ukuran kawat biasanya diproduksi dengan retang 0.05mm hingga 0.80mm.

Aplikasi Kawat Enamel Tembaga atau Email Tipe SBUEW

Produk yang banyak dipergunakan untuk kawat jensi ini antara lain adalah RFID, card Reader, magnetik coil optical reader, magnetic coil, DY Choke

Pelajari juga tentang pembagian jenis kawat email tembaga berdasarkan ketahanan suhu Class H, Class F dan sebagainya selain perbedaan tipe kawat email UEW PEW EIW dan AIW.

No Responses

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *