Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

WikiKomponen.comPerbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

Inverter sangat berguna terutama untuk daerah yang sering mengalami pemadaman listrik maupun daerah yang belum terjangkau aliran listrik.

Namun kemudian timbul masalah bahwa peralatan inverter yang beredar dipasaran ternyata tidak semuanya dapat menghasilkan listrik yang mencukupi untuk dapat dipergunakan. Label yang menyatakan inverter sebesar 1000 watt ternyata tidak mampu dipergunakan untuk menggerakan peralatan 500 watt.

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.
Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

Hal ini tentu saja menyebabkan masalah dan keraguan saat kebutuhan listrik tersebut tidak dapat dipenuhi dengan menggunakan peralatan tersebut.

Ads Metta3

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

Penyebab terjadinya drop atau tidak berfungsinya inverter secara maksimal sebenarnya terjadi karena perbedaan rancangan inverter yang terdapat di pasar.

Dari segi gelombang listrik yang dihasilkan, inverter dapat diketagorikan menjadi 2 jenis inverter yaitu jenis inverter gelombang sinus dan gelombang kotak. Inverter yang sederhana umumnya dibuat dengan rancangan yang menghasilkan gelombang listrik berbentuk kotak.

Cara Mengenali Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

Menggunakan Osiloskop

Perbedaan inverter jenis gelombang sinus dan kotak dapat dengan mudah dikenali dengan menggunakan alat ukur Osiloskop. Namun, secara kasat mata, perbedaan tersebut cukup sulit dikenali. Bahkan pengukuran menggunakan tester ternyata tidak mampu membedakan kedua jenis inverter tersebut.

Perbedaan Efisiensi

Pada inverter jenis gelombang sinus, pemakaian listrik akan lebih hemat dibandingkan dengan pemakaian inverter jenis gelombang kotak. Perbedaan tersebut sangat menonjol terutama saat inverter dipergunakan untuk menggerakan alat listrik yang menggunakan motor.

Perbedaan Hasil Output

Pada penggunaan motor maupun kipas angin, suara yang ditimbulkan oleh motor saat menggunakan inverter gelombang kotak lebih kasar. Berbeda dengan penggunaan inverter gelombang sinus, suara yang ditumbulkan lebih halus dibandingkan dengan jenis gelombang kotak. Penulis menggunakan rakitan inverter pure sinewave saat pengetesan gelombang sinum tipe MK02 dengan egs prosesor

Perbedaan inverter jenis gelombang sinus dan kotak dapat diperkecil dengan merancang inverter yang lebih baik yang mendekati gelombang sinus serta mengurangi loss atau kerugian pada bagian akhir inverter. Penggunaan jenis trafo yang memiliki efisiensi tinggi turut meningkatkan efisiensi penggunaan listrik pada aki.

Author: Wikikomponen

10 thoughts on “Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

  1. hi kebetulan mampir, mau tanya kalo merk inverter bagusan tbe atau suder ya ? untuk yang Pure sine wavenya, thanks

    1. Merk apapun, yang harus diperhatikan adalah pure sine wavenya. Suoer ada yang PWM, tapi gak semua varian. Bahkan ada yang sudah Grid Tie.

  2. bagaimana cara orang awam bs membedakan secara fisik/visual antara inverter pure sine wafe,modified sine wafe dan yg gelombang kotak…terima kasih

    1. Agak sulit dibedakan bagi orang awam tanpa melihat ke dalam isinya. Namun dari segi harga keduanya terpaut cukup jauh. Umumnya pure sinewave lebih mahal dan lebih berat.

  3. Pak saya pakai inverter 1500 w MSW/ Inverter kotak, bisa hidupkan bor, kipas angin, blender dan lampu TL, tapi saya coba untuk kompor induksi nyala tapi tidak panas dan relay pada star on relay bergetar. Apakah jenis inverter tersebut bisa merusak peratan listrik.???? SALAM Timor Leste

    1. Untuk inverter MSW atau modified sinewave masih bisa dipergunakan untuk berbagai peralatan. Bila bisa untuk motor, bor dan blender, seharusnya bisa juga untuk peralatan lainnya. Sayangnya anda hanya menyebutkan relay bergetar, teetapi penyebabnya bisa berbagai hal. Kemungkinan terburuk adalah karena inverter masih kurang sempurna,sehingga sistem induksi tidak bisa bekerja. Umumnya bila inverter tidak sempurna akan lebih beresiko pada peralatan menjadi rusak.

  4. Saya punya pompa air untuk menaikkan air dari kedalaman 25 m ke ketinggian 6 meter (31 m) dan saat PLN mati saya pakai genset 3000 watt, tapi tidak bisa menyalakan pompa tersebut. Apakah dengan inventer gelombang sinus murni bisa menjalankannya ?

    1. Tidak ada perbedaan listrik genset dengan listrik PLN. Jika voltase cukup dan daya cukup mestinya tidak ada masalah. Cobalah cari telebih dahulu masalahnya. Kemungkinanan voltase terlalu rendah saat menggunakan genset. Mengenai inverter, gelommbang sinus akan lebih baik dibandingkan dengan jenis inverter biasa.

  5. Mau tanya..saya membeli inverter…500watt
    Dipakai menyalakan lampu rumah kyk kedip2 apa itu tandanya sinus kotak???
    Trus sekring yg saya pasang c2( 2ampere) ada bunyi…apa itu pengaruh dr inverter???

    1. Sayangnya Pak Zonno tidak menyebutkan jenis lampu yang dipakai dan voltase yang ada. Untuk lampu harusnya tidak masalah walaupun bukan sinus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.