Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

WikiKomponen.comPerbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

Inverter sangat berguna terutama untuk daerah yang sering mengalami pemadaman listrik maupun daerah yang belum terjangkau aliran listrik.

Namun kemudian timbul masalah bahwa peralatan inverter yang beredar dipasaran ternyata tidak semuanya dapat menghasilkan listrik yang mencukupi untuk dapat dipergunakan. Label yang menyatakan inverter sebesar 1000 watt ternyata tidak mampu dipergunakan untuk menggerakan peralatan 500 watt.

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak. Inverter merubah arus DC menjadi AC sehingga peralatan elektronik dapat dipergunakan menggunakan aki tanpa terhubung ke jaringan listrik.

Ads Metta3

Hal ini tentu saja menyebabkan masalah dan keraguan saat kebutuhan listrik tersebut tidak dapat dipenuhi dengan menggunakan peralatan tersebut.

Perbedaan Jenis Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

Penyebab terjadinya drop atau tidak berfungsinya inverter secara maksimal sebenarnya terjadi karena perbedaan rancangan inverter yang terdapat di pasar.

Dari segi gelombang listrik yang dihasilkan, inverter dapat diketagorikan menjadi 2 jenis inverter yaitu jenis inverter gelombang sinus dan gelombang kotak. Inverter yang sederhana umumnya dibuat dengan rancangan yang menghasilkan gelombang listrik berbentuk kotak.

Cara Mengenali Inverter Gelombang Sinus Dan Kotak

Menggunakan Osiloskop

Perbedaan inverter jenis gelombang sinus dan kotak dapat dengan mudah dikenali dengan menggunakan alat ukur Osiloskop. Namun, secara kasat mata, perbedaan tersebut cukup sulit dikenali. Bahkan pengukuran menggunakan tester ternyata tidak mampu membedakan kedua jenis inverter tersebut.

Perbedaan Efisiensi

Pada inverter jenis gelombang sinus, pemakaian listrik akan lebih hemat dibandingkan dengan pemakaian inverter jenis gelombang kotak. Perbedaan tersebut sangat menonjol terutama saat inverter dipergunakan untuk menggerakan alat listrik yang menggunakan motor.

Perbedaan Hasil Output

Pada penggunaan motor maupun kipas angin, suara yang ditimbulkan oleh motor saat menggunakan inverter gelombang kotak lebih kasar. Berbeda dengan penggunaan inverter gelombang sinus, suara yang ditumbulkan lebih halus dibandingkan dengan jenis gelombang kotak. Penulis menggunakan rakitan inverter pure sinewave saat pengetesan gelombang sinum tipe MK02 dengan egs prosesor

Perbedaan inverter jenis gelombang sinus dan kotak dapat diperkecil dengan merancang inverter yang lebih baik yang mendekati gelombang sinus serta mengurangi loss atau kerugian pada bagian akhir inverter. Penggunaan jenis trafo yang memiliki efisiensi tinggi turut meningkatkan efisiensi penggunaan listrik pada aki.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *